PENGARUH RETURN ON INVESTIIENT, EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARETERHADAP LIKUfDlTAS SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI OTOM01IF DAN KOMPONEN DI BURSA EfEK JAKARTA

ELVA NELLY, 04962213O E (2001) PENGARUH RETURN ON INVESTIIENT, EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARETERHADAP LIKUfDlTAS SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI OTOM01IF DAN KOMPONEN DI BURSA EfEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 189-01 NIL P.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkaitan dengan likuiditas saham, pada peneJitian ini akan difokuskan pada kelompok industri otomotif yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakana (BEJ). Industri otomotif saat ini sedang mengalami proses recovery yang ditandai dengan mulal meningkatnya pennintaan mobil. Setelah mencennati perkembangan industri otomotif di Indonesia dan memperhatikan analisis investor terhadap Iikuiditas saham. maka penelitian ini mengambil judul : PENGARUH RETURN ON INVESTlvfFtvT l:'AlINI,VU FI:R ,)HARE DAN DlV/f)/:'\' FER SHARE TERHADAP L1KUlDlT AS SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI OTOMOTlF DAN KOMPONEN OJ BURSA EFEK JAKARTA Periode wak1u yang digunakan adalah antara tahun 1997 sampai dengan 1999, dengan obyek penelitian adalah industri otomotif yang go puhilc di BEJ. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (a). Apakah variabel-variabel rel1lrn (In il1W'Slmelll (ROJ), earning per share rEPS) dan dlnden I'et' .Ihart' (DPS) baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signilihn terhadap likuiditas saham pada kelompok industri otomotif dan komponen yang tercatat pada BEl (b). Diantara variabel-variabel diatas, variabel manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap likuiditas saham pada kelompok industn otomotif dan komponen yang tercatat pada BEJ. Hipotesis yang diajukan adalah (a). Diduga variabel-variabel relUm on investment (RO\), earning per share (EPS) dan dividend per share (DPS) baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap likuiditas saham pada kelompok industri otomotif dan komponen yang tercatat pada Bursa Efek Jakarta. (b). Diduga variabel dividend per sh(1re memiliki pengaruh dominan terhadap likuiditas saham pada kelompok industri otomotif dan komponen yang tercatat pada Bursa Efek Jakarta. Secara simultan variabel relUrn un investment, earning per share dan dIVidend per share berpengaruh signifikan terhadap likuiditas saham pada kelompok industri otomotif dan komponen di BEJ. Besamya pengaruh secara simultan ditunjukkan oleh R2 = 0,695 dapat diartikan bah1.'{a 69,5% perubahan likuiditas saham dipengaruhi oleh variabel bebas secara bersama-sama. Sedangkan secara parsial dari tib'll variabel bebas yang dimasukkan dalam model hanya variabel dividend per share yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap likuiditas industri otomotif dan komponen di BEl. Hipotesis kedua yang menduga dividend per share memiliki pengaruh dominan terhadap Iikuiditas saham pada kelompok industri otomotif dan komponen yang tercatat pada Bursa Efek Jakarta, setelah diadakan pengujian temyata tidak terbukti kebenarannya. Dari perhitungan yang dilakukan variabel yang memiliki pengaruh dQminan terhadap likuiditas saham adalah earning per share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 189/01 Nil p
Uncontrolled Keywords: INVESTMENT, STOCKS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ELVA NELLY, 04962213O EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantISNALITA, Dra, MSi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 21:56
Last Modified: 08 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item