COST VOLUME PROFIT ANALYSIS SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Pada PT. X Di Surabaya)

ANDRI NURCAHYO, 049711478 E (2002) COST VOLUME PROFIT ANALYSIS SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Pada PT. X Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 191-02 NUR C.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuau didirikall suall! perusahaau yang profit oriented adalah tllltuk mencapai IOOa yang optimal, sehingga kesinambuugan hidup perusahaan dapat tetap terjaglt. Oleh kw "na itu, manajemen diharapkall bisa merencanakan masa clepan perusahaannya agar selima kemuugkinan dan kesempatan dimas-a yang alan dalatlg bisa dihadapi sejak sekarang. Dalam rangka perencanaan laba, manajemen perlu menganalisis komponen-komponen dari perencanaan \aba. Komponen yang dimaksud mencakup UllSur penjualan yang ditunjukkan dari jumlah volume yang terjual dan harga jual, lIDSur biaya, dan unsur laba. Sehingga pereneanaan laba akan Icbih bermarrfaat bagi manajemen jika disertai dengan tehnjk analisis yang menggambarkan hublrngan antara berbagai komponen tersebut, yaitu Cost Volume Profit Analysis. Pada perusallaan yang menghasilkall mnlti produk, komposisi pelljualan mempunyai pengaruh terhadap kOlltribusi dari setiap segmen produk terhadap laba perusabaan secara keseluruhan. Maka dari illl hams dilakukan analisis untuk memasrikan ballwa setiap jenis produk memberikan kOOlribusi laba yang optimal terbadap laba pemsabaan seeara keselurnhan. Dalam ll1eJakukan perhitungan perencanaan laba perusallaan yang menghasilkan multi produk, manajemen PT. X dapat menerapkan Cost Volume Profit Analysis sebagai salah satu alat bantu. Namun lrntuk meneapai target laba yang diillginkan harns mengkonversi masalah komposisi multi produk ke dalam fonnat produk tunggal yang terjual sebagai suatu pakel. Biaya per satuan akan naik turon sesuai dengan volume yang diproduksi, semakin besar volume produksi maka akan semakin kecil biaya per satuan, sebaliknya semakin kecil volLone produksi akan scmakin besar biaya per satuan, Hal ini disebabkan karena sifat biaya tetap, yaitu biaya yang jumlahnya tclap bcrapapun barang yang diproduksildijual, sedangkan biaya per unit akan beruball-ubah sesuai dengan perubahan volume produksi/penjualan. Sebaliknya biaya vanabel adalall biaya yang jumJahnya beruball-ubah sesuai clengan peruballan volume produksilpenjnalan, sedangkan biaya per satuannya tetap. Penernpan Cost Volume p"?fit Analysis Illenghasilkan infonnasi pengamb peruballan komponen-komponell laba pada tingkat laba tertentu. Dalam pencapaian target laba tallun 200 I sebesar 20 % terdapat beberapa altematif yang dapat dilaksanakan manajemen, yaitu peningkatan penjuaIan yang semula sebesar 8.494.942,43 paket menjadi 14.833,148,03 paket, penurunan biaya tetap sebesar 16,2 %, penurunan biaya variabel sebesar 6,26 % serta peningkatan barga produk riper SR kecil dari Rp, 2000,00 per unit menjadi Rp. Rp. 2.748,67 per unit. Penggunaan Cost Volume Profit Analysis dalam pereneanaan laba dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan altematif mana yang paling sesuai dengan kondisi perusallaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 191/02 Nur c
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING, COST
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDRI NURCAHYO, 049711478 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantMob. Suyunus, MAFIS,, Drs. AKUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 22:16
Last Modified: 08 Jun 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item