PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGlAN PRODUKSI PADA PT. KARYA MAKMUR SENTOSA DI SIDOARJO

WAHYU SRI NINGSIH, 049711517E (2004) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGlAN PRODUKSI PADA PT. KARYA MAKMUR SENTOSA DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 55-05 Nin P.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi Jingkungan keIja yang balk akan menimbulkan rasa senang pada karyawan karena kondisi Iingkungan kerja yang baik akan mempengaruhi seseorang untuk lebih giat dan bersemangat, sehingga dengan semangat keIja yang tinggi, produktifitas kerja akan dapat ditingkatkan. Demikian pula apabila keadaan Iingkungan kerja kurang baik, maka akan dapat mengakibatkan menurunnya semangat kerja karyawan karena pada dasamya kondisi lingkungan kerja yang tidak menyenangkan akau mengakibatkan menurunya aktivitas-aktivitas kerja karyawan. Sehingga dengan demikian aspek lingkungan kerja karyawan meJiputi lingkungan yang berhubungan dengan perlengkapan dan fasilitas, suasana kerja (Nonphisical working environment) dan lingkungan tempat kerja (Phisical working environment) menjadi aspek yang perlu di perhatikan oleh manajemen perusahaan. Bertitik tolak dari pengetahuan tentang lingkungan kerja dan semangat keIja, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor Iingkungan kelja terhadap semangat kerja karyawan bagian produksi PT. Karya Makmur Sentosa di Sidoarjo dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Apakah faktor -faktor lingkungan kerja yang meliputi suasana kerja, lingkungan tempat kerja, perlengkapan dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap semangat keIja karyawan bagian produksi PT. Karya Makmur Sentosa di Sidoarjo? 2. Faktor rnanakah diantara fuktor suasana kerja, lingkungan tempat kerja, perlengkapan dan fasilitas yang dominan pengaruhnya terhadap seman gat kerja karyawan bagian produksi PT. Karya Makmur Sentosa di Sidoarjo? Berdasarkan basil penelitian, maka dapat diambil beberapa simpulan yaitu: 1. Koefisien Determinasi yang dilambangkan dengan Rl = 0,847, bermi 84,7"10 faktor-faktor Iingkungan kerja yang terdiri dari Suasana keIja (Xl), Lingkungan tempat kelja (Xl), dan Perlengkapan dan fasilitas (X3) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap Semangat keIja karyawan (Y). 2. Hipotesis Pertama: Terdapat pengaruh yang bermakna dari faktor-faktor lingkungan kerja yang meliputi: suasana kerja, Iingkungan tempat kerja, perlengkapan dan fasilitas terhadap semangat kelja karyawan bagian produksi PT. Karya Makmur Sentosa di Sidoarjo, dinyatakan terbukti kebenarannya. Hal ini ditunjukkan oleh hasil F hitung = 62,595 > F label "" 2,92 dan probahilitasnya adalah sebesar 0,000 lebih keeil dati 0,05. 3. Hipotesis Kedua: Faktor suasana kerja mempunyal mempunyai pengaruh dominan terhadap semangat kerja karyawan, terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti karena koefisien regresi dan nilai t hitung variabel suasana kerja yang terbesar diantara variabel bebas lalnnya sehingga dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap semangat kelJa karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 55/05 Nin p FULLTEXT TIDAK LENGKAP
Uncontrolled Keywords: WORK, MANAGEMENT, LINGKUNGAN.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU SRI NINGSIH, 049711517EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorENDANG PURNOMOWATI, Dra., Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 17 Nov 2016 22:23
Last Modified: 11 Jun 2017 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item