ANALISIS PENGARUH BETA, UKURAN PERUSAHAAN, DEBT RATIO DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP PENDAPATAN SAHAM MANUFAKTUR STUDI DI BURSA EFEK JAKARTA

ZAINUL ARIFIN, 049514944 (2001) ANALISIS PENGARUH BETA, UKURAN PERUSAHAAN, DEBT RATIO DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP PENDAPATAN SAHAM MANUFAKTUR STUDI DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
b 56-03 ari a.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Investasi dalam bentuk saham merupakan salah satu alternatif investasi keuangan yang tersedia di Bursa Efek Jakarta. Pihak perusahaan (emiten) akan memperoleh suatu swnber dana tambahan yang diperlukan untuk kelancaran kegiatan operasi perusahaan. Pada sisi yang lain, investor saham Juga menginginkan imbalan atas investasi yang berupa capital gain dan dividen. Pendapatan saham yang diharapkan investor tidak terlepas dan risiko. Risiko yang relevan untuk diperhitungkan dalam suatu investasi saham adalah risiko sistematis (beta). Perubahan kondisi perekonomian seperti inflasi dan resesi dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada pendapatan pasar saham, sehingga keadaan ini akan berpengaruh terhadap pendapatan saham individual. Dengan adanya perubahan tersebut menyebabkan peranan beta menjadi penting untuk digunakan sebagai indikator pendapatan saham yang diharapkan. Tetapi, banyak peneliuan yang menjelaskan bahwa pendapatan saham tidak cukup hanya dijelaskan oleh nilai beta saham Artinya, untuk melakukan investasi saham harus mempertimbangkan berbagai faklOr lain (selam beta) yang diperkirakan dapat mempengaruhi pendapatan sahwn yang diharapkan investor. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh beta, ukuran perusabaan, debt ratio, dan price earmng ratio terhadap pendapatan saham yang diperoleh investor. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan variabel tergantung pendapatan saham. Data yang digunakan meliputi 40 perusabaan manufaktur yang go public sebelum tahun 1992 dan. masih tercatat di Bursa Efek Jakarta pada tahun 1997. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara individual, beta, ukuran perusahaan, dan price earning ratio mempunyai pengaruh yang signitikan terhadap pendapatan saham, sedangkan debt ratio tidak mempunyai pengaruh yang sIgmfikan. Sedangkan secara simuitan, beta, ukuran perusahaan, debt ratio, dan price earning ratio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan saham. Besarnya koefisien determinasi yaitu 42,1%. lni berarti masih terdapat variabellain di luar beta, ukuran perusahaan, debt ralio, dan price earning ralio yang mempengaruhi pendapatan saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 56/03 Ari a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: DEBT RATIO, SAHAM, BURSA EFEK, PENGARUH BETA, EARNING RATIO
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ZAINUL ARIFIN, 049514944UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDJONI BUDIARDJO, Drs., Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 17 Nov 2016 22:41
Last Modified: 11 Jun 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46156
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item