ANALISIS BIAYA BERDASARKAN KONSEP VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT BANTU MEWUJUDKAN PELAKSANAAN AKTIVITAS NILAI PERUSAAHAN YANG LEBIH EFISIEN DAN SELARAS DENGAN KEBUTUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT IGLAS (PERSERO) SURABAYA)

TRI MARYANTI, 049815995 (2002) ANALISIS BIAYA BERDASARKAN KONSEP VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT BANTU MEWUJUDKAN PELAKSANAAN AKTIVITAS NILAI PERUSAAHAN YANG LEBIH EFISIEN DAN SELARAS DENGAN KEBUTUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT IGLAS (PERSERO) SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 16.03 mAR A.pdf

Download (885kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin tajam menuntut setiap perusa~n untuk mengembangkan keunggulan bersaingnya. SeJain kemampuan dalam memngkatkan kinerjanya, kemampuan perusahaan dat.m memenuhi kebutuhan pelanggall turut mcnjadi penentu kemenangan dalam lingkungau persamgan blsms, Unruk ltU pthak manajemen diharapkan mampu membuat keputusan yang tepat yang mengarah pada perbaikan yang berkelanjutan, berdasarkan hasil anaHsis ~iaya, Olch karena ,it~ da~am penelitian ini. peneHti rnencoba menggambarkan bagalmana penm anailSls btaya berdasarkan konsep value c1UJill bagl manajemen dalum membantu mewujudkan pelaksanaan alaivitas nil.i perusahaan yang lebih etisien dan selaras dongan kebutuhan pelanggan, Berdasarkan konsep value cham, aktivitas-ak4:ivitas nilai dibagi mcnjadj dua keJompok. yaitu aktivitas primer (pnmary activities) dan aktivitas pcndukunu (support aClivities). Primary activllles mencakup inbound logistic, operations, outbound logistic. marketing arid sale...iI, dan services, Sedangkan support activitie... mencakup procurement, teclmology development, human resources managemeJ!l. dan firm infrastruct.ure. Masing-masing aktivitas nilai tersebut merupakan swnber dalam mengembangkan keunggulan bersaing, dan saling terkait seb.gai satu kesa!uan. Pemahaman yang menyelwuh terhactap aktivitas-uktivitas nilai dap.! menunjukkan sasaran peruaillan, dengan mengidentitikasi dimana penumnan biaya dapat dicapai dan dimana nil.i peJanggan dapat diting!<atkan, Lebih lanjut lagi, analisis !orh.dap keterkaitan antar rnntai nUai dapat menggambarkan pentingnya keberadaan suatu aktivitas rulai terhadap aktivitas nHai lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studj kas\.ls pacta PT IOLAS (persero) Surabaya, Pendekatan kualitatif dipilih karena bersifat alamiah dan I.bih menekankan pacta proses, bukan pada hasil pen.litian itu sendirL Pemilihan metod. studi kasus dimaksudkan untuk memudahkan penggambaran ak1ivira.s.-aktivitas secara nyata dan 1cbin spesifik" Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa anallsis hiaya bcrdasarkan konscp value elwin dapat membantu manajc:men dalam mengctompokhn seluruh aktivi(as yang ada menjadi aktivitas~aktivitas nHai strategis sehingga memudahkan upaya Wituk mengkaji atau mengeva!uasi kescluruhan kinerja keuangan aktivitas n1lal perusahaan, Pemahaman yang mcnyeluruh terhadap pcrusahaan itulah yang dapat membantu pengarnbilan keputusan yang tepat, khususny. keputusan stratejik gun. mewujudkan pelaksanaan aktivitas fiilai perusahaan yang lebih efisien dan selaras dengao kebutuhan pel.nggan,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A. 16-03 Mar a (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: VALUE CHAIN; KEBUTUHAN PELANGGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
TRI MARYANTI, 049815995UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuslich Anshori, Dr., H.,SE.,M.Sc.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Nov 2016 01:12
Last Modified: 11 Jun 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item