PENGARUH KOMITMEN PADA ORGANlSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN KLINIK ONKOLOGI SURABAYA

FITRA KURNIAWAN, 049912514/E (2004) PENGARUH KOMITMEN PADA ORGANlSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN KLINIK ONKOLOGI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 56-05 Kur P.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klinik Onkoiogi Surabaya, merupakan satu-satunya pusat penanganan kanker yang terpadu di Surabaya yang melaksanakan pelayanan one stop shopping hingga saat inL Berkaitan dengan komitmen karyawan, Klinik Onkologi Surabaya belum mempunyai data mengenai tingkat komitmen karyawan terhadap pekeIjaan dan terhadap organisasinya, Di samping itu pihak manajemen Klinik Onkologi Surabaya j'uga ingin melakukan pengukuran pengaruh komitmen tersebut terhadap kinerja karyawannya. Untuk itu penelitian ini mengajukan permasalahan apakah komitmen pada organisasi yang meliputi komitmen afektif, kontinuar. dan normatif mempunyai pengaruh yang bermakna baik secara parsial dan bersama-sama terhadap kineIja karyawan K1inik Onkologi Surabaya dan diantara komitmen pada organisasi tersebut, manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kineIja karyawan Klinik Onkologi Surabaya ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh komitmen pada organisasi yang meliputi komitmen afektif, kontinuan dan normatif baik secara parsial dan bersama-sarna terhadap kinerja karyawan Klinik Onkologi Surabaya dan untuk mengetahui komitmen pada organisasi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kineIja karyawan klinik Onkologi Surabaya, Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari kuesioner, dengan menggunakan teknik sampling sensus. Didapat jumlah sampel sebanyak 44 responden. Alat uj i yang digunakan adalah regresi tinier berganda dengan persamaan sebagai berikut: Y =2,028+ 0,209 Xl + 0,140X2 + 0,199X3 Setelah dilakukan pengujian, didapat bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel komitmen afektif (Xl). komitmen kontinuan (Xl) dan komitmen normatif (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kineIja karyawan Klinik Onkologi Surabaya. Variabel komitmen afektif merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kineIja karyawan Klinik Onkologi Surabaya, Nilai dari koefisien determinasi dati hasil perhitungan sebesar 0,724. Hal ini berarti 72,4% perubahan variabel tergantung (KineIja karyawan Klinik Onkologi Surabaya) mampu dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang dimasukkan dalam model (yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuan dan komitmen normatit) secara bersamasarna. sedangkan sisanya 27,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model (faktor galat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 56/05 Kur p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATION, HOSPITAL, KINERJA, SDM
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FITRA KURNIAWAN, 049912514/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. SITI SULASMI, Dr., Psi., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 17 Nov 2016 23:12
Last Modified: 11 Jun 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46167
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item