PERAN PARTAI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH: Studi Upaya Partai Golkar dalam Memenangkan Pasangan Calon Juliyatmono - Rohadi di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013

ARIEF ZAAFRIL RAZAQTIAR, 071211333066 (2016) PERAN PARTAI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH: Studi Upaya Partai Golkar dalam Memenangkan Pasangan Calon Juliyatmono - Rohadi di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - Zaafril FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul PERAN PARTAI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH: Studi Upaya Partai Golkar dalam Memenangkan Pasangan Calon Juliyatmono-Rohadi di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013 ini dilatarbelakangi dengan peran partai dalam menjalankan mesin partai dan membangun koalisi dengan partai lain sehingga dapat memenangkan kontestasi dalam Pilkada Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Partai berkewajiban untuk mencetak kader yang berkualitas, karena nanti kader ini lah yang akan menjadi pemimpin bagi semua orang dan elemen masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Penentuan informan dilakukan secara purposive(menguasai fenomena yang ada). Data diolah dan dianalisis sesuai tahapan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi politik, yang akan menjelaskan tentang bagaimana strategi partai sebagai organisasi politik mempunyai peran untuk merebut atau mendapatkan kekuasaan dalam memenangkan pemilihan kepala daerah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran partai politik dalam menentukan kader terbaiknya untuk menduduki posisi pengambil kebijakan (policy maker) adalah hal yang wajib dilakukan guna memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah. Partai berkewajiban untuk mencetak kader terbaiknya yang akan menduduki jabatan elit pengambil kebijakan. Kader yang militan, akan mempunyai daya tarik untuk bergabungnya koalisi partai lain. Hal ini yang harus dilakukan oleh partai politik dalam menghadapi pemilihan kepala daerah. Kader-kader terbaik ini kemudian akan memberikan dampak positif, seperti misal akan meyakinkan bergabungnya koalisi partai lain yang mempercayakan dukungannya dan juga menambah keyakinan anggota partai lain dalam mendukung pemenangan calon pasangan tersebut.UU pilkada langsung sebagai pembuktian bahwa lahirnya sosok figur atau tokoh yang dipilih oleh masyarakat menjadi hal yang sangat penting saat ini. Orientasi masyarakat sekarang adalah memilih figur atau pasangan calon dalam pilkada bukan memilih partai politik semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 45/16 Raz p
Uncontrolled Keywords: Strategi Politik, Kader, Partai Politik, Pemilihan Kepala Daerah
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIEF ZAAFRIL RAZAQTIAR, 071211333066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorALI SHAHAB, S.IP.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2016 00:19
Last Modified: 21 Jun 2017 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item