EVALUASI PENERAPAN STRATEGI OUTSOURCING UNTUK MENILAI TINGKAT EFISIENSI BIAYA DAN KUALITAS OUTPUT DALAM RANGKA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN Studi Kasus Pada PT X di Surabaya

NING SRI UTAMI, 049715689 (2004) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI OUTSOURCING UNTUK MENILAI TINGKAT EFISIENSI BIAYA DAN KUALITAS OUTPUT DALAM RANGKA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN Studi Kasus Pada PT X di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 91-05 Uta c.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan produksi bagi PT X merupakan kegiatan strategis, artinya kegiatan produksi mul.lak ada untuk kcbcrhasilan bisnis di masa dcpan, oh.:h karena itu departemen produksi harus mampu menciptakan barang dan jasa yang tleksibel dalam memenuhi kebutuhan konsumen, berkualitas, cost effective, dan harus mampu melakukan penyerahan secara tepat dalam waktu danjumlah. Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut adalah outsourcing. Outsuurcing merupakan suatu strategi untuk meningkatkan daya saing dengan menggunakan sumber daya eksternal, dimana perusahaan manufaktur lainnya ( kadang-kadang pesaing langsung) membuat bagian~bagian tertentu dari produk perusahaan. Evaluasi terhadap penerapan strategi outsourcing perlu dilakukan untuk melakukan perbaikan atau pengembangan dalam rangka menyesuaikan strategi yang sudah ada dengan keadaan bisnts yang makin berkembang dan persaingan yang semakin ketal. Penelitian dilakukan terhadap outsourcing produksi rangka divan dan rangka twin yang dilakukan oleh PT X di Surabaya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta yang berhubungan dengan penelitian. Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini adalah setelah dilakukan analisis dan segi biaya, uutsourcing menghasilkan penurunan biaya produksi sebesar 10,70%. Dari segi kualitas, kekuatan divan yang dihasilkan dan outsourcing sebesar 99,80 % dan keindahan divan sebesar 98,82 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
NING SRI UTAMI, 049715689UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 18 Nov 2016 00:27
Last Modified: 18 Nov 2016 00:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46198
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item