PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ISMA PRATIWII, 040610376 (2010) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pratiwiism-16311-a34110-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pratiwiiis-13702-kkbkk2-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembang pesatnya pertumbuhan ekonomi, industri, dan perubahan teknologi saat ini menuntut perusahaan untuk tidak hanya memperhatikan keuntungan semata, melainkan perusahaan harus turut serta memperhatikan dengan seksama terhadap tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Oleh karena itu sekarang ini perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban terhadap pemegang saham (shareholder) saja tetapi juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak lain (stakeholder). Hal ini semakin diperkuat dengan adanya UU Perseroan Terbatas No. 40 tahun 2007 pasal 74 yang mewajibkan setiap perusahaan yang usahanya berkaitan dengan sumber daya alam wajib melakukan tanggung jawab sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan matematis dengan rumus statistik dan menggunakan analisis regresi linear berganda (multiple linear regression analysis) yang terdapat dalam program SPSS 11.5 (Statistical Program for Social Science). Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yaitu autokorelasi, multikolinearitas, heterokedastisitas dan uji normalitas. Penelitian ini menggunakan uji F untuk menguji secara simultan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan menggunakan uji t untuk menguji secara parsial pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap corporate social disclosure terbukti. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < a sebesar 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap corporate social disclosure dengan nilai adjusted R square sebesar 0,550 (55%). Pada penelitian parsial masing-masing variabel terbukti bahwa leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap corporate social disclosure, sedangkan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 341 10 Pra p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE CULTURE ; CORPORATE CHARACTERS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ISMA PRATIWII, 040610376UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorELIA MUST IKASARI, Dr.S.E., M.Si., BKP., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Mar 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item