MEKANISME ASIMILASI Pseudomonas fluorescens DALAM MENDEGRADASI MINYAK PELUMAS

ISWANTl, 089811511 (2001) MEKANISME ASIMILASI Pseudomonas fluorescens DALAM MENDEGRADASI MINYAK PELUMAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 04-01 ISW m.pdf

Download (643kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang mekanisme asimilasi Pseudomonas fluorescens dalam mendegradasi minyak pelumas bertujuan untuk mengetahui mekanisme asimilasi dan produksi biosurfaktan yang dikembangkan oleh Pseudomonas fluorescens dalam mendegradasi minyak pelumas. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Unair Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian expost facto, dan uji Anava digunakan untuk menganalisis data-datanya. Konsentrasi minyak pelumas yang digunakan yaitu l, 5, I 0 ppm. Kurva pertumbuhan juga dibuat di mana di beberapa fase pertumbuhan tersebut dilakukan uji aktivitas perlekatan (Rosenberg, 1990), kemampuan mengemulsi hidrokarbon yaitu dengan mengukur OD (Roy et al., 1979) dan pengamatan visual (Broderick and Cooney, 1979), se1ta penurunan tegangan permukaan supernatan kultur (Roy et al., 1979). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat aktivitas emulsifikasi, perlekatan, dan penurunan tegangan permukaan yang dikembangkan P. fluorescens. Dari uji Anava pada aktivitas emulsifikasi tidak ditunjukkan perbedaan pada konsentrasi 1 dan 5 ppm. Sedangkan untuk konsentrasi 1 dan I 0 ppm serta 5 dan I 0 ppm ada beda aktivitas emulsifikasi. Untuk uji penurunan tegangan permukaan menunjukkan hal yang sama dengan emulsifikasi. Uraian di atas menunjukkan bahwa Pseudomonas fluorescens mengembangkan aktivitas perlekatan, emulsifikasi, dan penurunan tegangan permukaan serta menghasilkan biosurfaktan dalam mendegradasi minyak pelumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 04-01 Isw m fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: Mekanisme asimilasi, perlekatan, emulsifikasi, tegangan permukaan, biosurfaktan, degradasi, Pseudomonas fluo rescens, minyak pelumas
Subjects: Q Science
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ISWANTl, 089811511UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi'matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorTini Surtlningsih S, Dr. Ir. ., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2016 19:02
Last Modified: 11 Jun 2017 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46214
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item