PENGARUH PEMBERIAN EDTA TERHADAPPERUBAHAN STRUKTUR INSANG UDANG Macrobrachium sintangense(de Man.) YANG TERAKUMULASI KADMIUM

MIFTAKIIUL ULUM, 089912045 (2004) PENGARUH PEMBERIAN EDTA TERHADAPPERUBAHAN STRUKTUR INSANG UDANG Macrobrachium sintangense(de Man.) YANG TERAKUMULASI KADMIUM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 04-04 ULU P.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang Macrobrachiun sintangense (de Man) merupakan jenis organisme yang memiliki kisaran toleransi yang luas terhadap salinitas, udang jenis ini dapat ditemukan mulai dari perairan air tawar hingga daerah muara. Udang sebagai bentik di lingkungan perairan memiliki frekuensi interaksi yang tinggi terhadap keberadaan logam pencemar khususnya kadmium. Logam ini belum diketahui fimgsi fisiologisnya dan bersifat amat toksik. Insang sebagai organ osmoregulasi memiliki kepekaan yang tinggi terhadap keberadaan kadmium. EDT A sebagai agen kelase kelompok heksadentat mampu membentuk kompleks dan melepas kadmium dari metallothionin. Penelitian ini diawali dengan percobaan akumulasi pada konsentrasi 30 J.1g OJ per liter (30 ppb) pada udang coba dan dilanjutkan dengan percobaan eliminasi kadmium yang telah terakumulasi menggunakan EDT A dalam berbagai konsentrasi (0 ppm (air saja), 0,1 ppm, 0,3 ppm, 1 ppm, 3 ppm), tiap perlakuan dilakukan selama 7 hari dengan 3 x ulangan menggunakan rancangan penelitian acak lengkap. Dari hasil tiap perlakuan dibuat sediaan histologi organ insang dengan parameter yang diamati adalah ukuran tebal lamella, % lamella berepitel hiperplasia, dan % nekrosis. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA (a=O,05) diikuti dengan uji LSD. Pemaparan udang pada konsentrasi subletal menyebabkan meningkatnya ukuran tebal lamella, jumlah lamella berepitel hiperplasia dan nekrosis. Pengunaan EDT A sebagai agen kelase lebih efektif dalam menunmkan prosentase maupunjumlah ketiga parameter dibanding tanpa agen kelase (0 ppm). Efektifitas EDT A makin efektif seiring dengan peningkatan konsentrasi penambahan, namun pemberian EDT A menjadi tidak efektif ketika telah melampaui titik konsentrasi tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 04-04 Ulu p
Uncontrolled Keywords: Macrobrachium sintangense (de man), kadmium, EDTA, tebal lamella, hiperplasia, nekrosis.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MIFTAKIIUL ULUM, 089912045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgoes Soegianto, Dr. Ir. .. DEAUNSPECIFIED
ContributorDwi Winarni, Dra.. M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2016 19:24
Last Modified: 12 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item