PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN MELALUI OBLIGASI BAGI PERUSAHAAN PENERBIT DAN PEMEGANG OBLIGASI DI BLRSA EFEK SURABAYA (Studi Kasus PT. X Jakarta)

WIRTA KUSUMA ATMAJA, 049721306-E (2002) PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN MELALUI OBLIGASI BAGI PERUSAHAAN PENERBIT DAN PEMEGANG OBLIGASI DI BLRSA EFEK SURABAYA (Studi Kasus PT. X Jakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 20.03 Alm p.pdf

Download (878kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

SebuM perusahaan yang mernbutuhkan dana memHiki bcrbagai alternatif cam untuk mendapatkannya Begitu pula pemilik dana, mereka dihadapkan pada berbagai pHihan cara untuk menginvestasikan dana yang dimilikinya. Baik perusahaan yang membutuhkan dana rnaupun pcmilik dana tentu rnenginginkan pilihan yang menguntungkan bagi mereka Salah satil keuntungan yang diharapkan adalah keuntungan dari segi perpajakan, Perusahaan sebaga1 pihak yang rnembutuhkan dana tentu mengnarapkan dapat memperoleh dana yang besar guna pengembangan usaha. tidak berpengarab terhadap komposisi kepemilikan perusahaan dan dapat memberikan penghematan pajak. Pemilik dana Juga mempunyai harapan yang harnpir sarna, rnereka ingin menerima penghasilan yang besar dari penggunaan dana yang dlmllikl dan di sisi lain mereka pun mengmginkan pembayaran pajak yang kecil tapi memilikl kepastian hukum. Ohligru.1 rnernberikan cukup harapan untuk memenuhi keinginan perusahaan sebaga1 pihak vang membutuhkan dana begitu pula bagi pihak pemilik dana. Dana yang dapat digali melalui penerbitan surat obligani sangat besar dan tidak berpengaruh pada komposLS1 kepemllikan perusahaan. Behan bunga yang harus dibayar kepada pemegang obligasi memang cukup besar tapt masih bisa bersaing dengan bunga kredll perbankan dan bagi perusahaan penefbit obligasi beban bung. tersebut merupakan komponen hi.ya yang boleh dikurangkan dali penghastlan bruto dalam mengh,tung penghasilan ken. pajak. Bagi pemeg.ng obligaS1, penghas11.n borupa bunga obligasi dikenakan pajak penghasilan yang bernif.t final dengan tarif di bawah tarifter1inggi. Dan penghitungan untak kedua belah pibak (penerbit dan pemegang obligasi) yang dilakukan penults menunjukkan betapa besamya pajak penghasilan yang dapa1 dihemal B!lgi perusahaan penerbit beban bunga akan menjadi pengurang penghasilan bruto cukup besar yang mengakibatkan kecilnya penghaslian kena pajak sebagai <lasar penghitungan Pajak Penghasilan. Pemegang obligani menikm.ti penghematan Pajak Pengh.sil.n dengan diberlakukannya Pajak Pengha<ilan bemf.t final dengan tarif dibawah tarif tertinggi yang berlaku. Ha$il-hasil penghitungan penulis membuktikan bahwa oblig.S! dap.t diJadikan alat untuk melakukan penghematan pajak penghasilan. Kata kunC1 : Penghematan Pajak (Tax Saving), Obligasi, Bunga Obligani, Pajak Penghasilan berS1fat final, dan Bursa Efek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A.20-03 Atm p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Penghematan Pajak (Tax Saving), Obligasi, Bunga Obligani, Pajak Penghasilan bersifat final, dan Bursa Efek.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
WIRTA KUSUMA ATMAJA, 049721306-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHeru Tjaraka, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Nov 2016 16:34
Last Modified: 12 Jun 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item