HUBUNGAN ANTARA LEARNING GOAL ORIENTATION DENGAN ADAPTABILITAS KARIR (CAREER ADAPTABILITY) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN SASTRA JEPANG UNIVERSITAS AIRLANGGA

ARNIE MIFTAH FAADHILAH, 111211131040 (2016) HUBUNGAN ANTARA LEARNING GOAL ORIENTATION DENGAN ADAPTABILITAS KARIR (CAREER ADAPTABILITY) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN SASTRA JEPANG UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PSI.66-16 Faa h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara learning goal orientation dengan adaptabilitas karir (career adaptability) pada mahasiswa tingkat akhir jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga. Learning goal orientation merupakan karakteristik individu yang relatif stabil yang ditandai dengan usaha untuk mengembangkan kompetensi dan ketekunan dalam menghadapi hambatan (Dweck, 1986). Adaptabilitas karir adalah kesiapan menghadapi segala tuntutan untuk menyiapkan dan berpartisipasi pada peran dalam pekerjaan dan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang tak terduga pada pekerjaan dan kondisi kerja (Savickas, 1997). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey pada 83 mahasiswa tingkat akhir jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga. Learning goal orientation diukur dengan menggunakan skalayang dikembangkan oleh Button, dkk. (1996) yang terdiri dari 8 item. Sedangkan adaptabilitas karir diukur dengan menggunakan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) International version 2.0 yang dikembangkan oleh Savickas dan Profeli (2012) yang terdiri dari 24 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 16. Dari hasil analisis data diperoleh nilai korelasi antara kedua variabel sebesar 0,499 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara learning goal orientation dengan adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga. Learning goal orientation juga berhubungan positif dengan semua dimensi adaptabilitas karir dan memiliki hubungan paling kuat dengan dimensi control (r= 0,465).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.66/16 Faa h
Uncontrolled Keywords: Learning Goal Orientation, Adaptabilitas Karir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
L Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ARNIE MIFTAH FAADHILAH, 111211131040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dr., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 20 Nov 2016 16:29
Last Modified: 12 Jun 2017 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item