ANALISA PERILAKU MEMAKAI APD SARUNG TANGAN BERDASARKAN MODEL PERILAKU ABC PADA TENAGA KERJA BAGIAN PENIMBANGAN SERBUK MENTHOL DI PT. CORONET CROWN SIDOARJO

ALVIAN HADI RACHMANSYAH, 101211133074 (2016) ANALISA PERILAKU MEMAKAI APD SARUNG TANGAN BERDASARKAN MODEL PERILAKU ABC PADA TENAGA KERJA BAGIAN PENIMBANGAN SERBUK MENTHOL DI PT. CORONET CROWN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 310-16 Rac a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memakai APD merupakan salah satu upaya untuk menurunkan kasus kecelakaan kerja. Berdasarkan model Aktivator-Behavior-Consequence (ABC), perilaku memakai APD pada tenaga kerja dipengaruhi oleh activator dan consequence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisa activator dan consequence perilaku memakai APD pada tenaga kerja di PT. Coronet Crown, Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah tenaga kerja bagian penimbangan serbuk menthol di PT. Coronet Crown. Jumlah sampel sebanyak 20 (total sampling). Data diperoleh dari kuesioner, wawancara dan observasi. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan tentang APD, kesadaran memakai APD, persepsi bahaya dan resiko tidak memakai APD, motivasi untuk memakai APD, kebutuhan selamat, peran manajemen terhadap perilaku memakai APD pada tenaga kerja, peraturan kewajiban memakai APD, positive reinforcement, punishment dan perilaku memakai APD pada tenaga kerja bagian penimbangan serbuk menthol. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar (80%) tenaga kerja yang menjadi responden telah memakai APD. Sebagian besar (90%) responden memiliki pengetahuan yang baik tentang APD. Sebagian besar (85%) responden memiliki kesadaran memakai APD yang baik. Sebagian besar (85%) responden memiliki persepsi yang baik tentang bahaya dan resiko tidak memakai APD. Sebagian besar (70%) responden memiliki motivasi yang baik untuk memakai APD. Semua responden menyatakan bahwa kebutuhan selamat tenaga kerja telah terpenuhi. Semua responden menyatakan bahwa terdapat peraturan yang berlaku tentang kewajiban memakai APD. Pihak manajemen berperan baik dalam mendukung perilaku memakai APD pada tenaga kerja. Sebanyak 70% responden pernah mendapat positive reinforcement dan 15% responden pernah mendapat punishment. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perilaku memakai APD pada tenaga kerja bagian penimbangan serbuk menthol di PT. Coronet Crown didasari oleh adanya activator dan consequence. Activator yang paling berperan ialah adanya pengetahuan, kesadaran dan motivasi yang baik. Sedangkan consequence yang berperan pada perilaku memakai APD meliputi positive reinforcement dan punishment yang pernah didapatkan responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 310-16 Rac a
Uncontrolled Keywords: Perilaku, APD, Aktivator, Consequence
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ALVIAN HADI RACHMANSYAH, 101211133074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarini, S.H., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Nov 2016 16:44
Last Modified: 18 Mar 2018 21:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item