HUBUNGAN PAPARAN BISING KERETA API DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DAN GANGGUAN NON AUDITORI PENDUDUK SEPANJANG REL NGAGEL REJO SURABAYA

FINA VIOLITA CHRISTI, 101211131195 (2016) HUBUNGAN PAPARAN BISING KERETA API DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DAN GANGGUAN NON AUDITORI PENDUDUK SEPANJANG REL NGAGEL REJO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 317-16 Chr h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan kereta api yang melebihi Baku Mutu Lingkungan (BML) dapat menimbulkan efek kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan paparan bising kereta api di pemukiman sepanjang rel dengan gangguan pendengaran serta gangguan non auditori pada penduduk di sepanjang rel Ngagel Rejo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di dua tempat yaitu daerah terpapar dan pembanding dengan besar sampel sebanyak 50 ibu rumah tangga. Pengukuran tingkat kebisingan dilakukan dengan Sound Level Meter selama 24 jam. Dilakukan pemeriksaan Audiometri untuk mengukur gangguan pendengaran dan pengisian kuesioner untuk mengidentifikasi gangguan non auditori ibu rumah tangga. Hasil pengukuran kebisingan siang malam (Lsm) di pemukiman sepanjang rel kereta api sebesar 65,89 dB(A) yang artinya melebihi baku mutu tingkat kebisingan yang di tetapkan yaitu 55 dB(A). Sebanyak 96% ibu rumah tangga sudah tinggal selama >10 tahun di pemukiman sepanjang rel kereta api. Sebanyak 20% ibu rumah tangga yang terpapar bising >55dB(A) mengalami gangguan pendengaran konduksi ringan. Tidak ada hubungan antara paparan bising dengan gangguan pendengaran. Tidak ada pula hubungan antara paparan bising dengan gangguan non auditori. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada hubungan antara paparan bising dengan gangguan pendengaran maupun gangguan non auditori berupa gangguan tidur, gangguan komunikasi dan gangguan psikologis. Pengendalian untuk mengurangi paparan bising di dalam rumah dapat dilakukan dengan cara memberi karet busa pada pintu sehingga mengurangi intensitas suara yang masuk dalam rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 317-16 Chr h
Uncontrolled Keywords: bising, gangguan pendengaran, gangguan non auditori
Subjects: R Medicine > RF Otorhinolaryngology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FINA VIOLITA CHRISTI, 101211131195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Adriyani, S.T., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Nov 2016 17:28
Last Modified: 15 Mar 2018 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item