ANALISIS KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DALAM RANGKA IMPLEMENTASI OTONOMI DAERAH STUDI KASUS KABUPATEN SITUBONDO

HEKSA CANDRA NURIS, Nim : 049815981 (2003) ANALISIS KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DALAM RANGKA IMPLEMENTASI OTONOMI DAERAH STUDI KASUS KABUPATEN SITUBONDO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 48-03 NUR A.pdf

Download (220kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan Otonomi Daerah adalah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat, pengembangan kehidupan berdemokrasi, keadilan, pemerataan, dan pemeliharaan hubungan serasi antara Pusat dan Daerah serta antar daerah (Sidik, 2002). Di sisi lain, konsekuensi dari diterapkannya Otonomi Daerah adalah perubahan sistem administrasi yang berlaku. Daerah dituntut lebih otonom baik dalam menjalankan pemerintahannya maupun dalam mendanai keuangan daerahnya. Gambaran citra kemandirian daerah dalam berotonomi dapat diketahui melalui berapa besar kemampuan sumber daya keuangan dalam membiayai pelayanan kepada masyarakat daerah tersebut Upaya nyata didalam mengukur tingkat kemandirian Kabupaten Situbondo sebagai subjek penelitian dalam skripsi ini yaitu dengan membandingkan besarnya realisasi PAD dengan total pendapatan daerah, dan dibandingkan juga dengan realisasi pengeluaran rutin, serta proporsi PAD terhadap besarnya Sumbangan dan Bantuan dari Pusat. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemandirian Kabupaten Situbondo yang diukur melalui perbandingan PAD terhadap total pendapatan, pengeluaran rutin dan Sumbangan Bantuan Pusat, adalah masih sangat rendah. Sedangkan konsekuensi lain dari pelaksanaan otonomi daerah bagi Kabupaten Situbondo adalah perubahan komposisi sumber-sumber penerimaan yang cukup besar menyangkut struktur dan besarnya penerimaan daerah itu sendiri, berimplikasi kepada upaya peningkatan perencanaan dan pengawasan anggaran Kabupaten Situbondo dimasa mendatang agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 48/ 03 Nur a
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HEKSA CANDRA NURIS, Nim : 049815981UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantBambang Soenarno, Drs.Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Nov 2016 18:34
Last Modified: 12 Jun 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item