PERANAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. BIROTIKA SEMESTA/DHL SURABAYA(STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN KURIR SEBAGAI UNSUR UTAMA DALAM PENYAMPAIAN SHIPMENT KEPADA PELANGGAN)

SUTJI IROH WATI, 070010647-S (2003) PERANAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. BIROTIKA SEMESTA/DHL SURABAYA(STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN KURIR SEBAGAI UNSUR UTAMA DALAM PENYAMPAIAN SHIPMENT KEPADA PELANGGAN). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 41-04 wat p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia yang berkuaJitas, terampil dan berpendidian merupakan faktor utama dalam sebuah perusahaan jasa pegiriman seperti DHL. Kurir merupakan pihak pertama yang selalu bertemu dengan pelangan harus memberikan pelayanannya semaksimal mungkin karena image DHL terbentuk dari petayanan yang diberikan kurir kepada pelanggan mereka. Begitu pentingnya peranan yang diemban oleh kuTir, maka dari itu diperlukanlah orang-orang yang kompeten dengan segal a uraian dan peranan yang diinginkan DHL, jika personelpersonelnya kompeten maka kualitas pelayanan yang dihasilkan akan prima. Untuk itulah segal a proses dati penyeleksian, induksi sampai dengan pemetiharaan kesejahteraan kurir membantu sekali dalam rangka menjaga kualitas yang akan dihasilkan oleh kurir. Dipilihnya PT. Birotika Semesta I DHL Surabaya sebagai lokasi penelitian dikarenakan PT. Birotika Semesta I DHL Surabaya sebagai tempat praktek ketja lapangan penulis, sehigga diharapkan perolehan informasi akan semakin mudah dan terbuka. Selain itu DHL adalah salah satu perusahaan jasa kurir terkemuka di Indonesia khususnya di kota Surabaya menduduki peringkat pertama dalam hal inovasi pada sistem dan tehknologi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dengan demikian penelitian akan beTisikan kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan penelitian. Tehnik pemilihan informan dipilih sesuai dengan situasi dan latar penelitian. Sumber informasi yang didaptkan oleh penulis berasal dari buku, literatur, majalah surat kabar maupun nara sumber yang terpercaya. Informan ini sangat penting untuk menunjang kevalidan dari data yang diperlukan penulis dalam rangka memecabkan masalah yang diangkat dalam penulisan ini. Informan dimanfaatkan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Dati penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa segala kendala yang dihadapi oleh kurir baik berasal dari diri sendiri seperti ketrampilan dan kemampuan diri, pemahaman atas pekerjaan, motivasi dan kesehatan maupun faktor luar seperti peralatan dan sistem pendukung, balas jasa, suasana ketja yang mendukung dan faktor cuaca harus mendapat perhatian khusus dari pihak perusahaan, karena dengan adanya kendala-kendala tersebut produktifitas kurir menurun dan kerja menjadi lambat, loyalitas serta dedikasi untuk bekerja menjadi berkurang. Untuk itu berbagai uPilya dari perusahaan mel3;lui program penyeleksian, induksi, penempatan, penilaian kerja, perencanaan dan pengembangan karier, insentif dan pemeliharaan kesejahteraan kurir dapat meminimalisasi kendala-kendala tersebut, sehingga kinerja kurir dapat lebih ditingkatkan. Terbukti dengan adanya pengembangan, kurir lebih fleksibel sehingga kurir dapat ditempatkan dimanapun selama masih sesuai dengan konteks

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW 41/14 Wat p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: sumber daya manusia
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
SUTJI IROH WATI, 070010647-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S. SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 20 Nov 2016 23:31
Last Modified: 20 Nov 2016 23:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item