PENERAPAN TARGET COSTING DENGAN VALUE ENGINEERING GUNA MENCAPAI HARGA JUAL YANG KOMPETITIF PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR PT. SIANTAR TOP TBK SIDOARJO

ANDREAS PRAYOGA, 049615448 (2000) PENERAPAN TARGET COSTING DENGAN VALUE ENGINEERING GUNA MENCAPAI HARGA JUAL YANG KOMPETITIF PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR PT. SIANTAR TOP TBK SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 26-01 Pra p.pdf

Download (350kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Siantar Top Tbk adalah suatu perusahan, yang sebagaimana perusahaan lain, bertujuan mencari laba dalam mengolah sumber-sumber ekonominya untuk menghasilkan suatu keluaran. Perusahaan ini menganut lowcost leardership sebagai strategi yang digunakan untuk bersaing. Karena itu perusahaan senantiasa berusaha untuk menetapkan harga serendah mungkin yang dapat ditetapkan oleh perusahaan tanpa mengabaikan laba yang diinginkan oleh perusahaan. Perhitungan harga jual yang tepat diperlukan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan dalam menetapkan harga jual eceran produk perusahaan. Dengan menganalisis biaya-biaya yang timbul dalam hubungannya dengan proses produksi maka diharapkan manajemen memiliki suatu ukuran apakah masukan yang digunakan telah menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, dimana keuntungan tersebut diperlukan dalam mengembangkan dan menjaga keberadaan perusahaan. Metode target coMing dalam menetapkan harga jual eceran produk Twistball diharapkan dapat mengatasi ketidak-selarasan harga juaJ eceran Twistball dengan strategi bersaing yang diterapkan oleh perusahaan. Cara berpikir target costing ini berbeda dengan metode penetapan harga yang digunakan oleh perusahaan selama ini. Perusahaan menggunakan metode penetapan harga mark up dalam menghitung harga jual Twistball dimana metode ini pertama-tama menghitung biaya produksi dan laba yang diinginkan perusahaan untuk mendapatkan harga juaL Terbalik dengan tahapan dalam mark up, target costing justru menetapkan harga jual terlebih dahulu serta laba yang diinginkan untuk kemudian dikurangkan guna menghasilkan biaya yang diperkenankan. Metode target costing ini diharapkan menghasilkan harga jual yang terjangkau oleh konsumen target ataupun harga jual yang tidak lebih mahal dari harga jual produk pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 26-01 Pra p
Uncontrolled Keywords: TARGET COSTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDREAS PRAYOGA, 049615448UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorERINA SUDARYATI, Dra., MS., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Nov 2016 23:43
Last Modified: 20 Jun 2017 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item