PENGARUH HARI PERDAGANGAN AWAL BULAN (ANOMALI SEASONALITAS : MONTHLY EFFECT) TERHADAP PENDAPATAN PASAR DI BEJ PERIODE TAHUN 1999-2001

YANUAR PRIYAMBODO, 049715792 (2003) PENGARUH HARI PERDAGANGAN AWAL BULAN (ANOMALI SEASONALITAS : MONTHLY EFFECT) TERHADAP PENDAPATAN PASAR DI BEJ PERIODE TAHUN 1999-2001. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 59-05 Pri P.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi pasar modal efisien menjadi harapan bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya karena dengan kondisi tersebut harga saham yang tercatat di pasar modal menunjukkan nilai sebenamya. Dalam tingkatan efisiensi pasar modal bentuk lemah. seorang investor tidak dapat mernperoleh tingkat keuntungan di alaS normal dengan rnenggunakan data historis informasi harga di waktu lalu. Namun dari beberapa penelitian yang dilakukan di bursa efek Amerika dan negara lainnya terdapat anomali pasar dimana basil yang ditimbulkan di pasar modal tidak sejalan dengan kondisi pasar modal efisien. Skripsi ini meneliti tentang keberadaan anomali seasonalitas monthly effect di BEJ. Anomali seasonalilaS monthly effect merupakan anomali kalender yang bertentangan dengan hipotesis pasar modal efisien bentuk lemah. Dalam anomali ini rata-rata pendapatan ( retum ) saham di awal bulan lebih tinggi dibandingkan rata-rata pendapatan hari perdagangan lainnya Dalam penelitian ini, penulis menggnnakan sampel semua perusahaan go public yang tercatat di BEJ selama periode \999-2001. Jenis data yang dignnakan adalah IHSG karena IHSG dapat mewakili pendapatan pasar di BEJ. Alat uji yang dignnakan adalah regresi linear sederbana dengan variabel dummy sebagai independent variabel dimana untuk hari di awal bulan yang diwakili 5 hari diberi SkOT 1 dan untuk hari perdagangan lainnya diberi skor O. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif secara signifikan dari hari perdagangan di awal bulan terbadap pendapatan pasar di BEJ. Selain itu juga ditemukan adanya perbedaan rata-rata pendapatan paw pada hari perdagangan di awal bulan dengan pendapatan paw pada hari perdagangan lainnya. Hasil penernuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang dilakukan Dennis O. BourdollX yang menemukan adanya anomali mon/hly effict di negara Denmark, Germany, dan Norwegia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 59/05 Pri p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: SEASONALITAS ECONOMY, MANAGEMENT, BURSA EFEK, STOCK EXCHANGE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YANUAR PRIYAMBODO, 049715792UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHJ. SRI MAEMUNAH SOEHARTO, Prof., DR., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:21
Last Modified: 12 Jun 2017 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item