PENGARUH PEMBERIAN MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN ORGAN VEGETATIF, JUMLAH DAN BERAT UMBI TANAMAN UBI JALAR (Ipomoea hatatas L.)

Happy Zuly Wahyudi, 089711694 (2001) PENGARUH PEMBERIAN MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN ORGAN VEGETATIF, JUMLAH DAN BERAT UMBI TANAMAN UBI JALAR (Ipomoea hatatas L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 13-02 WAH P.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian molase terhadap pertumbuhan organ vegetatif batang, jumlah dan be rat umbi tanaman ubi jalar (Ipomoea halalas L.) serta mengetahui apakah terdapat korelasi antara pertumbuhan batang dengan berat umbi. Penelitian ini menggunakan 1 kontrol yaitu media tanam tanpa pemberian NPK dan molase, dan 2 perlakuan, yaitu perlakuan pertama dengan pemberian pupuk NPK dengan dosis yang dianjurkan dalam pertanian dan perlakuan kedua dengan pemberian molase dengan dosis yang disesuaikan dengan dosis pemberian NPK. Variabel terikat berupa panjang batang, jumlah dan berat umbi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara mengukur pa~iang batang pada minggu keempat sampai minggu keduabelas. menghitung jumlah umbi dan menimbang berat umbi pada minggu keduabelas. Data dianalisis dengan uji ANA VA dan korelasi Spearman's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata pada variabel pemberian molase terhadap 2 variabel penelitian yang lain. Hasil uji ANA V A menunjukkan adanya peningkatan pertumbuhan panjang batang, jumlah dan berat ll."'11bi dibandingkan dengan tanaman kontroL Hasil uji ANAVA juga menunjukkan peningkatan pertumbuhan panjang batang, jumJah umbi pada tanaman dengan pemberian molase dibandingkan tanaman pemberian NPK, walaupun untuk untuk berat umbi menunjukkan penurunan terhadap tanaman pemberian NPK. Uji korelasi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pertumbuhan panjang batang dengan berat umbi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 13-02 Wah p fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan, molase, Ipomoea halalas L..
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
Happy Zuly Wahyudi, 089711694UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHamidah, Dra. , M. KesUNSPECIFIED
ContributorEdy Setiti W.U, Dra. . M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:52
Last Modified: 13 Jun 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item