EVALUASI PELAKSANAAN AUDIT KEPATUHAN PADA STANDARD OPERATING PROCEDURE FUNGSI PEMBELIAN BARANG SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI (STUDI KASUS PADA HOTEL NALENDRA KHARISMA BITUNG-SULAWESI UTARA)

PEAREL CHERLY THOREKAT, 040439383 (2009) EVALUASI PELAKSANAAN AUDIT KEPATUHAN PADA STANDARD OPERATING PROCEDURE FUNGSI PEMBELIAN BARANG SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI (STUDI KASUS PADA HOTEL NALENDRA KHARISMA BITUNG-SULAWESI UTARA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-thorekatpe-16267-a24010-k.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-thorekatpe-13768-kkbkk2-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan prima merupakan faktor terpenting bagi konsumen dalam memanfaatkan maupun menggunakan fasilitas perhotelan. Saat ini bisnis perhotelan cukup berkembang di Indonesia, terbukti dengan banyaknya usaha layanan jasa penginapan baik yang bernuansa hotel, cottage, losmen ataupun bungalow. Disamping itu juga lokasinya yang bervariasi seperti ada yang terletak di pegunungan, di pedesaan maupun di perkotaan dengan nuansa alam maupun nuansa gedung bertingkat. Hal ini menuntut pihak manajemen Hotel Nalendra Kharisma Bitung untuk bersifat kritis pada faktor-faktor yang bersifat sensitif seperti customer satisfaction maupun customer loyalty. Maka diperlukan suatu pelayanan yang maksimal pada pelayanan dengan cara selalu siap akan keinginan tamu. Penelitian ini berfokus pada Evaluasi Pelaksanaan Audit Kepatuhan pada Standard Operating Procedure Fungsi Pembelian Barang untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi pada Hotel Nalendra Kharisma Bitung. Langkah operasional awal dilakukan pemilihan obyek penelitian dimana poin yang diamati adalah struktur organisasi Hotel Nalendra Kharisma Bitung. Maka akan dievaluasi kepatuhan dan ke hati-hatian dalam proses pembelian barang, serta saran apa yang diberikan pada pihak manajemen dan bagaimana tanggapan terhadap saran tersebut untuk meminimalisir resiko penyelewengan pembelian barang pada Hotel Nalendra Kharisma Bitung yang dapat berakibat pada kelangsungan usaha hotel dimasa yang akan datang. Audit kepatuhan sebagai salah satu alat manajemen dalam pengawasan untuk meningkatkan kualitas manajemen dalam bidang operasional, termasuk proses pembelian barang perhotelan yang semuanya untuk mencapai hasil yang optimal. Evaluasi akan dimulai dengan bagaimana prosedur siklus pembelian yang ada pada Hotel Nalendra Kharisma Bitung, kemudian bagaimana internal audit melaksanakan audit tersebut, apa yang menjadi pedoman pelaksanaannya, menilai pelaksanaan audit oleh internal audit terhadap teori yang ada. Mengetahui apakah fungsi pembelian telah mematuhi prosedur dan kebijaksanaan yang telah ditetapkan baik secara operasional maupun administratif. Sekaligus menilai efektifitas dan kecukupan struktur pengendalian intern, serta mengetahui apakah pelaksanaan audit kepatuhan efektif dalam meminimalisir penyelewengan pembelian. Laporan temuan dari hasil pemeriksaan audit kepatuhan fungsi pembelian dinilai cukup lengkap karena telah mencakup kondisi, penyebab dan usulan. Rekomendasi yang diberikan positif dan spesifik serta jelas ditujukannya. Keberhasilan audit kepatuhan dalam memperbaiki kinerja auditee dapat dinilai dari semakin tingginya prosentasi yang ditindak lanjuti oleh auditee. Dengan demikian pelaksanaan audit kepatuhan oleh internal audit cukup efektif dalam usaha mengurangi penyelewengan pembelian barang pada Hotel Nalendra Kharisma Bitung dan tetap menjaga efektifitas tersebut pada proses operasional yang telah ditetapkan oleh Hotel Nalendra Kharisma Bitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 240 10 Tho e
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
PEAREL CHERLY THOREKAT, 040439383UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHanny Wurangin, Drs. M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item