PENGARUH PEMBERIAN SARI KEDELAI GLYCINE MAX (L) MERR TERHADAP BERAT TESTIS DAN· PROSES SPERMATOGENESIS MENCIT (MUS MUSCULUS) JANTAN

DWI BARI SUSANTA, 069412051 (2001) PENGARUH PEMBERIAN SARI KEDELAI GLYCINE MAX (L) MERR TERHADAP BERAT TESTIS DAN· PROSES SPERMATOGENESIS MENCIT (MUS MUSCULUS) JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 44-02 SUS P.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sari kedelai Glycine max (L) Merr terhadap berat testis dan gambaran histologis testis mencit (Mus musculus) jantan. Sebagai hewan percobaan digunakan 24 ekor mencit (Mus musculus) jantan yang berumur tiga bulan dengan berat 22-25 gram, yang kemudian dibagi dalam em pat kelompok perlakuan dengan masing':masing perlakuan beIjumlah enam ekor, dosis yang diberikan dua mIll 00 gram berat badan. Kelompok PO adalah kelompok kontrol yang diberi minum air, kelompok PI, P2 dan P3 mendapat perlakuan sari kedelai dengan dosis 25 %, 30 %, dan 35 % yang diberikan satu kali sehari secara per oral selama 35 hari. Pada hari ke-35 perlakuan semua mencit dikorbankan, ditimbang testisnya (kanan dan kiri) kemudian dibuat preparat histologis. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian pada berat testis dan jumlah sel spermatogonium tidak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata apabila dibandingkan dengan kontrol, sedangkan jumlah sel spermatosit primer dan sekunder, sel spermatid, dan sel spermatozoa menunjukkan adanya peningkatan yang nyata apabila dibandingkan dengan kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
DWI BARI SUSANTA, 069412051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMas'ud Hanadi, Ph.D., M.Phil., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Nov 2016 00:50
Last Modified: 14 Jun 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item