POTENSI INfUSA RIMPANG TEMUlAWAK (Curcuma xanthorrh.zae Roxb) DALAM MELINDUNGI HAn DARI ZAT HEPATOTOKSIK DITINJAU DARI KADAR SGOT DAN SGPT MENCIT (Mus musculus) JANTAN

HENDRAGUNAWAN, 069512178 (2000) POTENSI INfUSA RIMPANG TEMUlAWAK (Curcuma xanthorrh.zae Roxb) DALAM MELINDUNGI HAn DARI ZAT HEPATOTOKSIK DITINJAU DARI KADAR SGOT DAN SGPT MENCIT (Mus musculus) JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 45-02 GUN P.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian rim pang temulawak sebagai obat tradisional dalam melindungi hati dari kerusakan akibat penggunaan parasetamol. Sebagai hewan percobaan digunakan 24 ekor mendt jantan berumur tiga bulan dengan berat badan rata-rata 30 g. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menjadi empat kelompok perlakuan dengan enam ulangan. Perlakuan berupa pemberian infusa temulawak dengan bermacam-macam konsentrasi selama 6 hari berturut-turut, yaitu : 0% (PO), 5% (PI), 10% (P2) dan 20% (P3). Pada hari ke 4 -6 semua mencit diberi parasetamoI dengan dosis 1,09 glkg BBlhari. Pengambilan darah dilakukan satu hari setelah pemberian parasetamol yang terakhir (han ke tujuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rimpang temulawak sebagai obat tradisional, temyata mengakibatkan perbedaan kadar SGOT dan SGPT yang sangat nyata (P < 0,01) antara kelompok mencit yang diben rimpang temulawak (PI, P2 dan P3) bila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tanpa diberi rimpang temulawak (PO), Dari hasH uji BNT 5% temyata pemberian infusa rimpang temulawak dengan konsentrasi 20% menyebabkan penurunan yang paling tinggi terhadap kadar SGOT dan SGPT yang tidak berbeda nyata dengan' infusa 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HENDRAGUNAWAN, 069512178UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Santoso, Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:32
Last Modified: 14 Jun 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46373
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item