ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR IKLAN TELEVISI PRODUK ROKOK MEREK LONGBEACH TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ROKOK PADA MAHASISWA UNAIR SURABAYA

ONY SETIAWAN, 049113778 (2000) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR IKLAN TELEVISI PRODUK ROKOK MEREK LONGBEACH TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ROKOK PADA MAHASISWA UNAIR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 79-01 Set a.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan televisi, sebagai salah satu sarana komunikasi, memiliki beberapa faktor sebagai stimuli pemengaruh persepsi konsumen terhadap suatu produk. Faktor-faktor tersebut adalah ukuran, posisi, warna, kontras, novelty, dan lagu. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh secara simultan dan parsial dari faktorfaktor iklan televisi produk rokok merek LONGBEACH terhadap persepsi konsumen rokok pada mahasiswa Unair Surabaya. Metode penelitian menggunakan pendekaian kuantitatif dengan vaTiabel bebas yang terdiri dati ukuran (durasi penayangan), posisi (waktu penayangan), warna (yang digunakan), kontras (adegan), novelty (slogan) , dan lagu pada iklan rokok merek LONGBEACH dan persepsi konsumen atas produk rokok merek LONG BEACH setelah melihat iklan televisi rokok tersebut sebagai variabel terikat. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang didasarkan pada skala Likert. Data yang dikumpulkan merupakann data cross section atau data yang dikumpulkan pada waktu tertentu. lumlah sampel yang dianalisis sebanyak 80 (delapan puluh) orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program statistik SPSS. Dati hasil analisa didapat koefisien korelasi berganda pada u=10% sebesar 0,435 (43,5%) dan koefisien determinasi berganda pada. u=10% sebesar 0,189 (18,9%) yang menunjukkan bahwasannya secara bersama-sama faktorfaktor iklan televisi produk rokok merek LONGBEACH mempengaruhi persepsi konsumen. Dati hasil analisis juga didapat koefisien korelasi parsial dati faktor ukuran sebesar 0,009; posisi sebesar -0,227; warna sebesar -0,062; kontras sebesar 0,208; novelty sebesar 0,148; dan lagu sebesar 0,123. Sedang koefisien determinasi parsial dari faktor ukUTan sebesar 0,0081; posisi sebesar 0,0515; warna sebesar 0,0038; kontras sebesar 0,0432; novelty sebesar 0,0219; dan lagu sebesar 0,0151. Kesimpulan dati analisa data menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara bersama-sama dari faktor ukuran, posisi, warna, kontras, novelty, dan lagu pada iklan rokok merek LONGBEACH terhadap persepsi konsumen rokok pada mahasiswa Unair Surabaya Dan adanya pengarub secara parsial dari faktor posisi (penayangan) dan kontras (adegan) pada iklan televisi rokok merek LONGBEACH terhadap persepsi konsumen rokok pada mahasiswa Unair Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 79/01 Set a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING, TELEVISION PROGRAMME, PERSEPSI KONSUMEN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ONY SETIAWAN, 049113778UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs.Ec. Y. Lilik Rudianto,MBA, Drs., Ec., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 17:36
Last Modified: 14 Jun 2017 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item