HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN KARYAWAN PT. D

FRIANDA DICILLA, 110710103 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN KARYAWAN PT. D. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PSI.80-16 Dic h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi dengan komitmen karyawan di PT. D. Persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi (Variabel X) adalah persepsi mengenai sejauh mana organisasi menghargai kontribusi karyawan, peduli dan memperhatikan kesejahteraan karyawan, serta persepsi karyawan mengenai seberapa siap organisasi memberikan timbal balik yang sesuai dengan performa kerja dan memenuhi kebutuhan sosial-emosional karyawan (Eisenberger, dkk., 1986). Komitmen karyawan (Variabel Y) adalah kepercayaan dan penerimaan seseorang atas nilai dan tujuan organisasi, sehingga membuat orang tersebut betah dan ingin tetap bertahan di organisasi. Komitmen karyawan memiliki tiga dimensi berdasarkan motif yang mendasari komitmen yaitu dimensi affective, continuance, dan normative (Allen & Meyer, 1990). Penelitian dilaksanakan pada karyawan tetap PT. D dengan total subjek sebanyak 40 karyawan. Pengukuran variabel X menggunakan alat ukur Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) milik Eisenberger, dkk., (1986) yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Utomo (2012). Pengukuran variabel Y menggunakan alat ukur Commitment Scales milik Meyer, Allen & Smith (1993) yang telah diterjemahkan oleh Alvinia (2014). Uji normalitas data dalam penelitian ini menggunakan Kolmogorov- Smirnov Test. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa variabel X maupun Y serta dimensi-dimensinya memiliki distribusi data normal. Uji linearitas data dalam penelitian ini menggunakan uji linearitas dengan bantuan program SPSS versi 22.0 for windows. Hasil uji linearitas menunjukkan bahwa variabel X memiliki data yang tidak linear dengan dimensi continuance dan normative organizational commitment. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Rank Order Correlation dari Spearman yang merupakan metode analisis nonparametrik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel X memiliki hubungan dengan variabel Y, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,376. Uji hipotesis variabel X dengan masing-masing dimensi komitmen menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,524 untuk dimensi affective, 0,140 untuk dimensi continuance, dan 0,205 dengan dimensi normative. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X memiliki hubungan yang kuat dan positif dengan dimensi affective organizational commitment, sedangkan dengan dimensi continuance dan normative hubungan tampak lemah dan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.80/16 Dic h
Uncontrolled Keywords: persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi, komitmen karyawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FRIANDA DICILLA, 110710103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFajrianthi, Dr., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 21 Nov 2016 17:51
Last Modified: 21 Nov 2016 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item