PERBANDINGAN ANTARA HAND LETTERING DAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN HIV/AIDS PADA REMAJA

SILVIA NOVI SARI DEWI, 101211133042 (2016) PERBANDINGAN ANTARA HAND LETTERING DAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN HIV/AIDS PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 337-16 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya pencegahan penting untuk dilakukan demi melindungi kesehatan remaja agar terbebas dari HIV/AIDS, salah satunya melalui media promosi kesehatan. Media yang sedang populer dikalangan remaja saat ini adalah hand lettering. Sehingga dipilihlah sebagai upaya edukasi terkait HIV/AIDS pada remaja. Studi penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya. Tujuan penelitan untuk menguji efektifitas antara hand lettering dibandingkan dengan poster sebagai media promosi kesehatan HIV/AIDS pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya dengan besar sampel 172 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengetahuan dan sikap merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Sedangkan variabel bebas adalah pemberian perlakuan pada masing masing kelompok dengan memberi media hand lettering dan poster. Penelitian ini menggunakan uji multivariat repeat measure. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pre-test, pemberian media, dan post-test kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah pemberian media pada masing masing kelompok (P=0,000). Namun tidak ada perbedaan pemberian media hand lettering atau poster terhadap pengetahuan (P=0,414) dan sikap (P=0,903) yang artinya kedua media tersebut dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan khususnya HIV/AIDS. Efektifitas media menunjukan hand lettering lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja dengan hasil prosentase 13,5%. Kesimpulan penelitian adalah hand lettering dan poster dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan, namun hand lettering lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja terkait HIV/AIDS. Media Hand lettering layak digunakan sebagai media promosi kesehatan HIV/AIDS pada remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 337-16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Hand Lettering, Media Promosi Kesehatan, HIV/AIDS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SILVIA NOVI SARI DEWI, 101211133042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Nov 2016 18:13
Last Modified: 18 Mar 2018 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item