PENGEMBANGAN POTENSI TERMINAL DALAM KERANGKA PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) Of PEMERINTAH KOTA SURABAYA ( Studi Tentang Peningkatan Pendapatan Asil daerah Melalui Intensikasi Dan Ekstensifikasi Retribusi Terminal Di Pemerintah Kota Sarabaya )

CHOIRUM NIKMAH, 079313998 (2001) PENGEMBANGAN POTENSI TERMINAL DALAM KERANGKA PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) Of PEMERINTAH KOTA SURABAYA ( Studi Tentang Peningkatan Pendapatan Asil daerah Melalui Intensikasi Dan Ekstensifikasi Retribusi Terminal Di Pemerintah Kota Sarabaya ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 14-01 NIK P.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ide pokok yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah dorongan untuk memahami lebih jauh peluang-peluang yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan retribusi terminal melalui faktor-faktor internal maupun eksternal. Hingga dirumuskan dalam skripsi ini sebagai berikut: Studi tentang peluang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya, melalui intensifikasi dan ekstensifikasi retribusi terminal. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, digunakan beberapa variabel intensifikasi dan ekstensifikasi, yang selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa indikator yang sesuai, dengan didukung oleh pendapat dari para ahli diantaranya Alfian Lains. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan agar dalam penelitian ini dapat digambarkan dengan jelas fenomena-fenomena yang ada dengan lebih rinci, sehingga diperoleh gambaran yang lebih jelas tentang peluang riil yang benarbenar dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan penelitian, hingga pada akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum. Dipilihnya Pemerintah Kota Surabaya sebagai lokasi penelitian ini karena tingkat mobilitas penduduknya yang tinggi dibanding daerah/kota yang lain (kecuali Jakarta). Untuk teknik pemilihan informan dipilih metode purposive sampling, karena obyek penelitian bersifat spesifik, sehingga informan yang dibutuhkan hanya orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Sedangkan untuk pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Yang terakhir, untuk teknik analisa data dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serla penarikan kesimpulan. Dan dalam teknik pemeriksaan data diciptakan rapport dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan retribusi terminal secara intensifikasi lebih mudah untuk dikembangkan karena adanya beberapa faktor. Sedangkan upaya ekstensifikasi retribusi terminal meskipun cukup suIi! untuk dikembangkan namun masih ada peluang untuk mengembangkan jasa cuci kendaraan serta retribusi untuk pedagang kaki limalasongan yang selama in; belum dikenakan retribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 14-01 NIK P
Uncontrolled Keywords: INCOME MUNICIPAL
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
CHOIRUM NIKMAH, 079313998UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Nov 2016 19:10
Last Modified: 14 Jun 2017 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item