FAKSIONALISASI ORGANISASI DALAM TIM SUKSES PEMILIHAN PRESIDEN dan WAKIL PRESIDEN PERIODE 2014 – 2019 Studi Organisasi Pemuda Pancasila Cabang Kota Surabaya

Eka Kurniasari Afandi, 071211333032 (2016) FAKSIONALISASI ORGANISASI DALAM TIM SUKSES PEMILIHAN PRESIDEN dan WAKIL PRESIDEN PERIODE 2014 – 2019 Studi Organisasi Pemuda Pancasila Cabang Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI, EKA KURNIASARI AFANDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merrupakan negara yang multtikulural dan demokrasi. Demokrasi memiliki dua dimensi yaitu persaingan dan partisipasi yang bermakna bahwa setiap individu dan partai politik sebagai peserta pemilu harus berjuang melalui kompetisi yang kompetitif untuk memenangkan suara dalam pemilihan umum. Karakteristik kompetisi yang vis-à-vis menyebabkan peserta pemilihan umum melakukan konsolidasi dengan organisasi masyarakat sipil sebagai strategi politik. Keterlibatan organisasi masyarakat sipil untuk memobilisasi massa yang dimiliki dipercaya peserta pemilihan umum mampu meloloskan mereka untuk mendapatkan kekuasaan di pemerintahan. Munculnya faksi dalam organisasi masyarakat merupakan suatu hal yang biasa, dimana antar anggota merasa tidak ada kesamaan dan perbedaan, rentan memunculkan pembentukan faksi dalam partai politik. Pemuda Pancasila Kota Surabaya merupakan salah satu organisasi masyarakat sipil yang mengikuti Pilprees dan terjadi Faksionalisasi didalamnya dan mendukung salah satu calon presiden dan wakil presiden tahun 2014. Faksionalisasi yang terjadi dalam tubuh Pemuda Pancasila membuat tubuh organisasi terpecah menjadi dua yaitu dalam mendukung Presiden dan Wakil Presiden periode 2014 – 2019 yaitu pasangan Prabowo Subianto – Hatta Radjasa dan Jokowidodo – Jusuf Kallla. Yang seharusnya dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang sangat dihindari jika mengalami perpecahan dan terjadi perkubuan di dalam organisasi. Skripsi yang berjudul Faksionalisasi Oganisasi Dalam Tim Sukses Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2014 – 2019 Studi Organisasi Pemuda Pancasila Cabang Kota Surabayaini memberikan pemaparan dan penjelasan bagaimana faksionalisasi dapat terjadidi MPC Pemuda Pancasila Cabang Surabaya, penyebab karena berasal dari eksternal yaitu dengan keikutsertaan kader sebagai anggota partai politik Pilpres 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 71/16 Afa f
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Faksionaalisasi
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Eka Kurniasari Afandi, 071211333032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 19:54
Last Modified: 20 Jun 2017 18:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item