AKSESSIBILITAS PENGUSAHA KECIL DAlAM MEMPEROlEH MODAL VENTURA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG TINGKAT AKSESSIBILITAS PENGUSAHA KECIL DI KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SURABAYA DALAM MEMPEROLEH MODAL VENTURA YANG DIKELOLA OLEH PT. SARANA JATIM VENTURA)

Reni Pujianti Bekti, 079414426 (1999) AKSESSIBILITAS PENGUSAHA KECIL DAlAM MEMPEROlEH MODAL VENTURA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG TINGKAT AKSESSIBILITAS PENGUSAHA KECIL DI KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SURABAYA DALAM MEMPEROLEH MODAL VENTURA YANG DIKELOLA OLEH PT. SARANA JATIM VENTURA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 15 99 Bel a.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menjawab permasalahan tentang bagaimanakah aksessibilitas pengusaha kecil Kotamadya Dati II Surabaya dalam memperoleh modal ventura yang dikelola oleh PT. Sarana Jatim Ventura. Agar lebih lanjut dapat diketahui tingkat pemerataan pelayanan publik khususnya modal ventura ini kepada masyarakat yang membutuhkannya, khususnya pengusaha keeil. LJntuk itu maka dalam penelitian ini perlu ditinjau beberapa variabel yang mempengaruhi aksessibilitas tersebut, seperti : tingkat pemahaman pengusaha terhadap usahanya, perilaku pengusaha dalam berusaha serta aspek administratif-birokrasi yang diterapkan oleh PT. Sarana Jatim Ventura. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif-kualitatif, dengan tujuan agar dalam penelitian ini dapat menjelaskan fenomena-fenomena yang ada dengan lebih rinei sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang obyek dan permasalahan penelitian. Hingga pada akhimya dapat ditcirik kesimpulan dan hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat lebih umum. Dipilihnya Kotamadya Dati II Surabaya sebagai lokasi penelitian ini karena keanekaragaman karakteristik pengusaha keeil di Surabaya dapat digunakan untuk mewakili pengusaha keeil di Jawa Timur sehingga pengamatan terhadap aksessibilitas pengusaha keeil dalam memperoleh modal ventura dapat dilakukan disini. Disamping alasan lainnya yaitu pengaruh letak dan kedudukan PT. SJV di Surabaya sebagai PMVD satu-satunya di Jawa Timur yang menyebabkan sosialisasi modal ventura di Surabaya lebih baik bila dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Timur. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan 3 cara yang berbeda karena adanya perbedaan karakter informan, yaitu : purposive sampling, accidental sampling I snowball sampling. Sedangkan untuk pengumpulan datanya-digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Dan terakhir untuk teknik analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu : reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pemeriksaan data dieiptakan raport dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aksessibilitas pengusaha keeil di Surabaya eukup keeil, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, pertama sangat ketatnya penilaian yang dilakukan oleh PT. SJV dalam menjaring PPU-nya sehingga hanya pengusaha-pengusaha tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Utamanya pengusaha-pengusaha yang memiliki prospek yang baik. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengamananPT. SJV dalam menjalankan usaha. Selain alasan untuk lebih memudahkan PT. SJV dalam memproyeksikan perkembangan usaha tersebut. Kedua, kurang tersosialisasinya modal ventura dikalangan pengusaha keeil sebagai akibat kurangnya publikasi PT. SJV terhadap pengusaha kecil sehingga mereka tidak mengetahui keberadaan modal ventura secara pasti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 15-99 Bek a
Uncontrolled Keywords: SMALL ENTREPRENEURS; CAPITAL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Reni Pujianti Bekti, 079414426UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Nov 2016 20:51
Last Modified: 21 Nov 2016 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item