ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN PEMAIN NBA SEBAGAI BINTANG IKLAN TELEVISI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BASKET NIKE BAGI PEMAIN BASKET DAN BUKAN PEMAIN BASKET DI SURABAYA

ADITYA S., 049314140 (2001) ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN PEMAIN NBA SEBAGAI BINTANG IKLAN TELEVISI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BASKET NIKE BAGI PEMAIN BASKET DAN BUKAN PEMAIN BASKET DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 84-01.adi a.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan olahraga yang begitu pesat di Indonesia tentunya menciptakan sebuah tantangan dan pasar yang bisa berkembang untuk tahun-tabun mendatang. Basket yang kini mulai digemari oleh masyarakat Indonesia adalah salah satunya selain sepak bola yang 1ebih dulu merakyat. PT. NlKE Indonesia sebagai salah satu produsen sepatu basket meluncurkan iklan sepatu basket Nike di televisi yang menampilkan pemain NBA, pada dasarya penggunaan pemain NBA ini ditujukan untuk menarik konsumen pemain basket karena mereka 1ebih mudah dipengaruhi oleh pemain NBA yang menjadi idola mereka. Namun yang terjadi pembelian sepatu basket Nike temyata tidak hanya dilakukan oleb konsumen pemain basket namun konswnen bukan pemain basket banyak juga yang membeli sepatu basket Nike. Tentunya ini merupakan pasar baru yang bisa dioptimalkan. tetapi masih perlu diketahui apakah penggunaan pemain NBA dalam iklan televisi tersebutjuga mempengaruhi konsumen bukan pemain basket tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pembelian barang dilakukan konsumen pemain basket dan konsumen bukan pemain basket dipengaruhi tidak terpengaruhi oleh penggunaan pemain NBA yang digunakan dalam iklan sepatu basket Nike di televisi. Hasil penelitian akan berguna sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif untuk dapat meraih kedua kelompok konsumen tersebut. Pengaruh penggunaan pemain NBA sebagai bintang iklan didasarbn pada faktor-faktor penggunaan bintang iklan dari Rositta' dan Percaya yaitu: Visibility (bagaimana bintang iklan itu mudah dikenali/terkenal). credibility (terdiri dari expertise (keahlian seoreng bintang ik1an dalam bidangnya) dan obJectivity (reputasi seorang bintang iklan)). Similarity (terdiri dati likeabiliry (emotional appeal dari bintang iklan) dan .similarity (kCS8ll18lm bintang ik1an dengan konsumen dan power (kharisma dari bintang iklan). Untuk keperluan ini. kepada 180 orang responden (masing-masing kcl0mp0k 90 orang) yang membeli sepatu basket Nikc dan pemah mclihat tayangan ik,an sepatu basket Nike di telcvisi. ditanyakan pendapatnya Variabel penclitian berupa data butingkat (ordinal) yang kemudian dikelompokkan dalam kategori-kategori terteutu un tuk kepcntiogan pcrhitungan dengan Chl-Squol'e yang dihitung menggunakan SPSS 9.0 fer Windows pada interval dan derajad kcbebasan tertcntu. Dengan hipotesa nol tidak ada per JCdaan pengaruh, bila harga X2 dari perhitungan lebih kecil atau sama dengan X2 dari harga kritik. berarti hipotesa nol diterima Sebalilatya bila X2 dari perhitungan lebih besar dai X2 tabel harga laitik. hipotesa nol ditolak., yang berarti terdapat perbedaan pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 84/01 Adi a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: BRAND, ADVERTISEMENT, TELEVISION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA S., 049314140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndrianawati Usman, Dra., Ec., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:04
Last Modified: 21 Nov 2016 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46503
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item