PERANAN AKUNTANSI DALAM MENENTUKAN NILAI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEMBANTU UPAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus Pada PT. X di Surabaya)

MOHAMMAD ROUFIQUE, 049417482 (2000) PERANAN AKUNTANSI DALAM MENENTUKAN NILAI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEMBANTU UPAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus Pada PT. X di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 95-01 Rou p.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gejala trasfonnasi ekonomi yang muncul seiring denyut globalisasi yang menantang ke arab perdagangan bebas adalah perekonomian yang meningkat atas modal manusia (human Capital) daripada modal fisik (physical capital), karena hal ini mulai didukung kelangkaan sumber daya alami dan laju teknologi yang Makin pesat. Investasi. terhadap sumber daya manusia akan membawa serangkaian pengetahuan, keahlian (skill) dan pengalaman yang membentuk • Human Capital '. Dengan adanya peningkatan human capital dalam suatu perusahaan,. maka timbul pemikiran untuk menghitungnya sebagai investasi dalam alctiva yang menyangkut peran perlakuan Akuntansi di. dalamnya. Hal ini sesuai dengan pengukuran nilai berdasarkan konsep ekonomi. bahwa suatu aktiva akan mampu ..memberikan manfaat ekonomi di masa mendatang (probable future economic benefit). Akuntansi Sumber Daya Manusia sebagai accounting and managerial tool harus mampu berperan dalam penilaian.ini. Akuntansi harus menilai aktivabersih berupa sumber daya manusia yang dapat dilaporkan dalam laporan keuangan perusahaan sebagai hasil dari suatu bentuk transaksi atau kejadian masa lalu (a result ofpast transactions or events) atas adanya investasi terhadap sumber daya manusia. Penilaian ini sangat berguna untuk menghindari adanya distorsi infonnasi atas pemanfaatan laporan keuangan. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan cara mengkapitalisasi biaya,.biaya sumber daya manusia yang merupakan cost of investment. kemudian dilakukan amortisasi terhadap biaya-biaya tersebut untuk menentukan beban (expense) sebagai biaya periodik dan menentukan nilai aktiva bersih yang masih merupakan investasi yang dapat dilaporkan dalam laporan keuangan. Selain itu akuntansi juga harus mengidentiflkasi nilai ekonomis (economic value) atas investasi terhadap sumber daya manusia sebagai suatu bentuk aktiva yang mampu memberikan manfaat ekonomis pada masa mendatang (probable economic benefit). Sehingga dapat membantu evaluasi efektifitas suatu keputusan investasi terhadap sumber daya manusia. Nilai suatu investasi harus diukur. agar dapat diperbandingkan dengan nilai manfaat atas investasi itu sendiri. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan penentuan nilai lintas waktu (present value). Biaya-biaya yang menjadi cost of investment atas sumber daya manusia yang akan dikeluarkan dimasa yang akan datang dihitung menjadi nilal yang dapat direalisasi sekarang. Nilai ini selanjutnya diperbandingkan dengan Expected Conditional Value yang diharapkan dapat direalisasikan dan diperlakukan sebagai nilai yang dapat diberikan oleh sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Akuntansi hams mampu menyediakan informasi mengenai nilai-nilai ini. mengingat pentingnya infonnasi ini dalam membantu usaha pengambilan keputusan investasi terhadap sumber daya manusia. Dan secara umum infonnasi inl mampu menggambarkan sejauh mana pemanfaatan dan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki perusabaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL465-470 Worship of Human Beings
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T59.7-59.77 Human engineering in industry. Man-machine systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOHAMMAD ROUFIQUE, 049417482UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:12
Last Modified: 14 Jun 2017 20:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item