Potensi Pemanfaatan Kol Sawah (Pila Ampullacea) Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Total Serum Darah Mencit Pada Diet Tinggi Lemak Sapi

Yuliana Hartini, - (2000) Potensi Pemanfaatan Kol Sawah (Pila Ampullacea) Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Total Serum Darah Mencit Pada Diet Tinggi Lemak Sapi. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 49-00 HAR P.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT - YULIANA.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemanfaatan kol sawah (Fila ampullacea) untuk menurunkan kadar kolesterol total serum darah mencit pada diet tinggi lemak sapi. Sebanyak 20 ekor mencit dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan jumlah ulangan masing-masing. Kelompok pertama diberi perlakuan pakan tinggi lemak tanpa tepung daging kol sawah(PO). Pada kelompok kedua diberi perlakuan pakan dengan substitusi tepung ikan dengan tepung daging kol sawah sebanyak seperempat bagian(Pl). Selanjutnya kelompok kedua diberi perlakuan pakan dengan substitusi tepung ikan dengan tepung daging kol sawah sebanyak setengah bagian(P2) dan kelompok terakhir diberi perlakuan pakan dengan mengganti seluruh jumlah tepung ikan dengan tepung daging kol sawah(P3). Perlakuan dilakukan selama empat minggu, kemudian dilakukan pengukuran kadar kolesterol total. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap(RAL). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Varian dan dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kol sawah pada perlakuan dengan mengganti seluruh jumlah tepung ikan dengan tepung daging kol sawah (P3) memberikan pengaruh yang nyata (p<0,05) terhadap penurunan kadar kolesterol total serum darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Kol Sawah,Pila Ampullacea,Kadar Kolesterol, Mencit, Diet Tinggi Lemak Sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Yuliana Hartini, -NIM069512171
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti,B.S., -NIDN0017055202
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:28
Last Modified: 05 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item