PERANAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN DALAM MENUNJANG KETERSEDIAAN PERSEDIAAN PADA P.T. "X" DI SURABAYA

DEASY FITRIANI, 049414509 (2001) PERANAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN DALAM MENUNJANG KETERSEDIAAN PERSEDIAAN PADA P.T. "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 30-01 Fit p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pennasalahan yang melatarbelakangi penulis memilih topik Peranan Struktur Pengendalian Intern Bahan Baku Dalam Menunjang Ketersediaan Persediaan pada P.T. "X'" adalah pentingnya persediaan dalam menjaga kelangsungan operasi perusahaan. P.T. "X" merupakan distributor utama dan pengecer Semen Tiga Roda untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Dengan meluasnya ruang lingkup wilayah yang dilayaninya, ketersediaan persediaan, ketepatan waktu pemesanan dan penyampaian produk kepada konsumen menjadi kompleks. Hal ini ditambah dengan tingginya fluktuasi harga semen sehingga memerlukan pencatatan yang memadai. Selain itu, biaya angkut yang dikeluarkan cukup tinggi sehingga untuk dapat bersaing dengan produsen semen lokal Jawa Timur, maka fokus perhatian P.T. "X" harus lebih diarahkan pada ketepatan pemenuhan kebutuhan konsumen dengan memperbaiki prosedur dan sistem pemesanan, pengadaan dan penjualan. Penulis melakukan penelitian pada P.T. "X" untuk mendapatkan gambaran apakah perusahaan yang bersangkutan telah menerapkan Struktur Pengendalian Intern Persediaan yang memadai, serta sejauh manakah struktur pengendalian intern tersebut dapat menunjang ketersediaan persediaan pada P.T. "X" tersebut. Berdasarkan pengamatan dan dibandingkan dengan landasan teori, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa struktur pengendalian intern pada P.T. "X" telah diterapkan cukup memadai, namun masih terdapat kelemahan pada lingkungan pengendalian, yakni terbatasnya kemampuan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan dan memahami program komputer sehingga jika ada permasalahan yang berbubungan dengan program harus menunggu operator dari Jakarta. Pada elemen penetapan risiko, platform untuk Pembelian kredit berbeda-beda setiap distributor dan ada kebijakan khusus dari direksi bagi masing-masing distributor. Pada elemen komunikasi dan informasi, kelemahan pengendalian intern menyangkut perubahan harga semen yang ditetapkan oleh Indocement Tunggal Prakarsa sangat fluktuatif sehingga konfirmasi harga oleh Billing & Invocing Direct Sales harus dilakukan pada saat itu juga. Hal ini penting untuk mengantisipasi perubahan harga yang mendadak dan perubahan harga ini dalam sehari dapat terjadi 3 kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 30-01 Fit p
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN INTERN
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DEASY FITRIANI, 049414509UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHARIATI HAMZENS, Dra. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:47
Last Modified: 21 Nov 2016 21:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item