KEBIJAKAN LUAR NEGERI AUSTRALIA PASCA REFERENDUM 30 AGUSTUS 1999 BERKAITAN DENGAN TIMOR TIMUR MERDEKA (ANALISIS WACANA TEKS PIDATO PM JOHN HOWARD DAN MENLU ALEXANDER DOWNER)

Fathurrochman AI Aziz, 079514807 (2002) KEBIJAKAN LUAR NEGERI AUSTRALIA PASCA REFERENDUM 30 AGUSTUS 1999 BERKAITAN DENGAN TIMOR TIMUR MERDEKA (ANALISIS WACANA TEKS PIDATO PM JOHN HOWARD DAN MENLU ALEXANDER DOWNER). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HI 18-02 Azi k.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan kebijakan luar negeri Australia dilatarbelakangi oleh adanya perubahan transisional dalam sistem politik Indonesia yang salah satunya memunculkan tuntutan rakyat Timor Timur yang menginginkan otonomi yang diperluas diterapkan di wilayah tersebut. Kebijakan luar negeri Australia khususnya dalam hal status Timor Timur pada awalnya adalah mengakui kedaulatan Indonesia atas Timor Timur namun pada prosesnya pemerintahan Australia juga tetap mengusahakan referendum bagi rakyat Timor Timur. Dua sikap ini yang selalu menjadi wacana penting dalam kebijakan luar negeri Australia khususnya terkait dengan Timor Timur. Pada awal pengintegrasiannya ke dalam wilayah Indonesia wacana pengakuan kedaulatan Indonesia terhadap Timor Timur lebih mendominasi karena konteks situasi yang sangat mendukung wacana tersebut, namun sebaliknya, wacana perlunya diadakan referendum bagi rakyat Timor Timur menguat kembali ketika Rezim Orde Baru yang berkuasa runtuh dan hal ini yang mendorong tinjauan kembali dalam kebijakan luar negeri Australia mengenai Timor Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HI 18-02 Azi k.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Fathurrochman AI Aziz, 079514807UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI. Basis Susilo, Drs. , M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:33
Last Modified: 14 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item