PENGARUH STOCK SPLIT ANNOUNCEMENT TERHADAP AR PERUSH. YG MELAKUKAN & TDK MELAKUKAN STOCK SPLIT DAN VARIABEL-VARIABEL YG MEMPENGARUHI AR PERUSH. YG TDK MELAKUKAN STOCK SPLIT (INTRA-INDUSTRY INFORMATION TRANSFER)

FERRY DINA, 049715698 (2003) PENGARUH STOCK SPLIT ANNOUNCEMENT TERHADAP AR PERUSH. YG MELAKUKAN & TDK MELAKUKAN STOCK SPLIT DAN VARIABEL-VARIABEL YG MEMPENGARUHI AR PERUSH. YG TDK MELAKUKAN STOCK SPLIT (INTRA-INDUSTRY INFORMATION TRANSFER). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 85-04 Din p.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian pengaruh pengwnuman pernecahan saharn terhadap perolehan pendapatan abnonnal (AR) ini dilakukan rnelalui 2 tahap. Tahap I dilakukan untuk meneliti pengaruh pengumuman pemecahan saham terhadap AR perusahaan yang rnelakukan pen$Uffiumanpemecahan saham (perusahaan split ). Sedan.skan tahap II rnerupakan pengernbangan dari tahap I yaitu dengan rnelihat apakah terdapat intraindustry effect dari adanya peristiwa pengumuman pemecahan saharn yang dilakukan perusahaan split terhadap perusahaan-perusahaan lain dalam industri yang sarna ( perusahaan non-split) yang ditunjukkan dengan adanya perolehan AR. Suatu penelitian terhadap adanya suatu peristiwa ( event) rnenggunakan event study, yaitu rnenganalisis kapan suatu informasi yang dibawa oleh peristiwa pengumuman pernecahan saharn menyebabkan harga saham di pasar modal rnengalami kenaikan atau penurunan yang akan rnenyebabkan kenaikan atau penurunan dalarn pendapatan. Pernbuktian hipotesis dalarn tahap I rnenunjukkan bahwa peristiwa pengurnurnan pernecahan saharn rnenghasilkan pendapatan abnonnal dari perusahaan split (ARS) yang signifikan baik positif rnaupun negatif sebelum tanggaI pengwnurnan yang ditunjukkan dengan nilai AAR dan CAAR. Hal ini niernbuktikan adanya kebocoran informasi yang diperoleh investor terhadap adanya pengumuman pernecahan saham sehingga investor rnendapat AR. Suatu peristiwa~pengumuman diyakini akan rnernbawa informasi yang relevan dan bernilai terhadap perusahaan lain dalarn industri yang sarna. Pernbuktian hipotesis pada tahap II rnenunjukkan adanya intra-industry effect yang dibuktikan dengan perolehan pendapatan abnormal yang signifikan baik positif rnaupun negatif dari perusahaan non-split CARNS) yang ditunjukkan dengan nilai AAR dan CAAR sebelurn tanggal pengurnurnan. Selain itu perolehan AR oleh perusahaan split yang diikuti oleh perolehan AR pada perusahaan non-aplit rnernbuktikan adanya net contagion effect dimana pergerakan harga saharn oleh perusahaan split diikuti pergerakan harga saharn dari perusahaan non-split ke arab yang sarna. Model regresi linear berganda kernudian dilakukan untuk rnelihat apakah variabel karakteristik industri (HHI), karakteristik perusahaan non-split (CORR, RV AR, dan BIM), dan pendapatan abnormal perusahaan split (ARS) rnernpengaruhi perolehan pendapatan abnormal dari perusahaan non-split yang diperoleh pada tahap II. Hasil regresi uji-F rnenunjukkan bahwa 5 variabel bebas yang digunakan secara bersarna-sama berpengaruh terhadap variabel tergantung ARNS. Sedangkan kontribusi variabel bebas terhadap variasi variabel tergantung ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 41%. Hasil regresi uji-t menunjukkan bahwa hanya terdapat 1 variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan abnormal saham perusahaan non-split, yaitu ARS dengan nilai significant t < (l = 5%. Sedangkan 4 variabel bebas lainnya yaitu HHI, CORR, RVAR, dan BIM tidak berpengaruh secara signifikan dengan significant t > a(l = 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 85/04 Din p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STOCK SPLITTING, MANAGAMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FERRY DINA, 049715698UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI RATMAWATI, Dra., Ec., M. Com.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:59
Last Modified: 21 Nov 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item