ANALISIS PERBEDAAN NIAT BELI KONSUMEN SEBELUM DAN SETELAH MENGETAHUI ATRIBUT PRODUK AIR MINUM ISI ULANG AGURA DI KAWASAN MOJOKLANGGRU SURABAYA

YUSRON ROZZAID, 049214031 (2000) ANALISIS PERBEDAAN NIAT BELI KONSUMEN SEBELUM DAN SETELAH MENGETAHUI ATRIBUT PRODUK AIR MINUM ISI ULANG AGURA DI KAWASAN MOJOKLANGGRU SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 85-05. Roz a.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Niat beli merupakan salah satu komponen sikap manusia yaitu komponen konatif. Pengukuran niat beli yang didasarkan pada sikap terhadap objek seringkali dijadikan dasar untuk memprediksi pembelian aktual. Sementara itu tidak sedikit yang menyoroti kelemahan dan pendekatan sikap terhadap objek dalam memprediksi niat beli. Dalam skripsi ini digunakan dua tahap pengukuran niat beli. Pengukuran dua tahap ini bertujuan untuk melihat perbedaan niat beli konsumen sebelum dan setelah mengetahui atribut produk. Pada Tahap pertama adalah mengukur niat beli seseorang sebelum mengetahui atribut produk Agura. Tahap ini bertujuan untuk melihat pengaruh sikap konsumen pada reklame dan leaflet terhadap niat membeli produk Agura. Tahap kedua adalah mengukur niat beli seseorang setelah mengetahui atribut produk. Pada tahap ini bertujuan untuk melihat pengaruh sikap konsumen pada penampilan depot, proses pengisian ulang, penampilan wiraniaga, harga dan kualitas air terhadap niat membeli produk Agura. Alasan penggunaan pengukuran dua tahap adalah dikarenakan, dalam kasus ini pengukuran sikap terhadap objek dengan hanya menggunakan satu tahap saja mungkin menghasilkan prediksi yang bias bagi pembelian aktual dikarenakan terdapat pengetahuan produk yang tidak merata pada tiap-tiap konsumen. Sesuai dengan batasan permasalahan yaitu bahwa fokus dari penelitian ini adalah bertujuan membandingkan niat beli konsumen pada kedua tahap tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata terdapat perbedaan niat beli konsumen Mojoklanggru sebelum dan setelah mengetahui atribut produk Agura. Perbedaan niat beli tersebut adalah sebesar 1,96. Niat beli konsumen pada tahap I adalah sebesar 2,83, hal ini memberikan sebuah gambaran bahwa pada tahap ini niat konsumen adalah cukup rendah. Rendahnya niat beli tahap I ternyata dipengaruhi oleh sikap negatif konsumen terhadap reklame (2,39) dan leaflet (2,97). Meningkatnya niat beli konsumen pada tahap II (4,79) mengindikasikan bahwa sebenarnya produk ini relatif dapat diterima oleh konsumen Mojoklanggru, hanya saja perlu dipikirkan pemecahan yang lebih baik bagi aktivitas promosi sehingga dapat menumbuhkan niat beli konsumen yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 85/05 Roz a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, TRADEMARKS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YUSRON ROZZAID, 049214031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Dra., Ec., MSc.,UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 22:06
Last Modified: 21 Nov 2016 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item