PENGARUH PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN DAN PERUSAHAAN SEJENIS YANG BERADA DALAM SATU INDUSTRI DAN TIDAK MELAKUKAN PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM

DIAH AJENG KUSUMAWARDHANI, 049811883/E (2003) PENGARUH PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN DAN PERUSAHAAN SEJENIS YANG BERADA DALAM SATU INDUSTRI DAN TIDAK MELAKUKAN PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 86-04 War p.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengumwnan pemecahan merupakan salah satu bagian dari intra-industry information transfer dipercaya akan mempengaruhi harp saham yang nantinya juga berpengaruh pada abnormal return dari perusahaan sejenis yang berada dalam satu industri. Ada dua efek yang bisa dihasilkan oleh perusahaan yang melakukan pengumuman pemecahan saham, yaitu contagion dan competitive effect. Contagion effect ,tau efek positif ini akan direaksi oleh perusahaan yang tidak melakukan pengumuman pemecahan saham dengan kenaikan pada harga saham. Sebaliknya competitive effect adalah efek negatif yang akan di reaksi oleh perusahaan yang tidak: melakukan pengumuman pemecahan saham dengan anjloknya harga saham. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah apakah pengumuman pemecaban saham yang dilakukan oleh satu perusahaan akan mempengaruhi pendapatan abnormal saham perusahaan sejenis yang berada dalam satu industri dan tidak: melakukan pengumuman pemecahan saham. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study dengan uji t, untuk melibat adanya pendapatan abnormal di sekitar uggaJ pengumuman pemecaban saham. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari barga pasar saham harian dan indeks harga saham. Sampel penelitian ini berjumlah 30 perusahaan yang dibagi menjadi 11 perusahaan yang melakukan pengumuman pemecahan saham dan 19 perusahaan yang tidak melakukan pengumuman pemecahan saham dan berada dalam satu industri. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan maka diperoleh hasil bahwa terdapat transfer informasi dari perusahaan yang melakukan pengumuman pemecahan saham terbadap perusahaan yang tidak melakukan pengumuman pemecahan saham dengan indikator tegadinya pendapatan abnormal saham. Kelompok perusahaan yang melakukan pengumuman pemecahan saham. pada tangga1 pengumuman peIJ1ecaba.n sabam AAR tidak signifikan dan selama periode pengujian terdapat 4 hari AAR yang signifikan. Pada kelompok perusahaan yang tidak melakukan pengumuman pemecahan sabam pada tangga1 pemecahan saham AAR tidak signifikan dan selama periode pengujiaD terdapat 2 bari AAR signifikan. Mengingat AAR yang signifikan terjadi tidak banyak setelah perusahaan melakukan pemecahan saham namun juga sebelum perusahaan mengumumkan pemecahan saham, maka dapat disimpulkan terdapat kebocoran informasi pemecahan saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 86/04 War p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STOCK SPLITTING, SAHAM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DIAH AJENG KUSUMAWARDHANI, 049811883/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI MADE SUDANA, Drs., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 22:45
Last Modified: 21 Nov 2016 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46552
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item