PENGARUH FAKTOR -FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KEINGINAN KELUAR KERJA PRAMUNIAGA PT.TOKO GUNUNG AGUNG CABANG PLASA TUNJUNGAN II SURABAYA

CAHYA RIZAL ABDUS SHALEH, 049515121 (2001) PENGARUH FAKTOR -FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KEINGINAN KELUAR KERJA PRAMUNIAGA PT.TOKO GUNUNG AGUNG CABANG PLASA TUNJUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 87-01.sha p.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mengelola sumber daya manusia yang dimiliki maka perusahaan perlu memperhatikan adanya kepuasan kerja pada karyawan yang dimilikinya. Tidak terpenuhinya apa yang menjadi kebutuhan seorang karyawan dapat mempengaruhi keinginan keluar kerja dan mencari pekerjaan di perusahaan lain. PT Toko Gunung Agung Cabang PIasa Tunjungan II Surabaya merupakan toko buku yang yang mempunyai masalah dengan labor tum over atau perputaran karyawan yang cukup tinggi terutama pada karyawan bagian pramuniaga.Tujuan penehtian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel kepuasan kerja yaitu: gaji, pekerjaan itu sendiri, peluang promosi, pengawasan, kelompok kerja, dan kondisi kerja terhadap keinginan keluar kerja pramuniaga dan untuk mengetahui variabel kepuasan kerja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keinginan keluar kerja pramuniaga PT. Toko Gunung Agung Cabang PIasa Tunjungan II Surabaya.Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kuantitatif, variabel yang diteliti adalah variabel bebas (X) yang terdiri dari : gaji (Xl), pekerjaan itu sendiri (X2), peluang promosi (X3), pengawasan (X4), kelompok kerja (X5) dan kondisi kerja (X6) dan variabel terikat (Y), yaitu variabel keinginan keluar kerja. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 7,755 -0,188 Xl -0,243 X2 -0,297 X3 -0,354 X4 -0,216 X5 -0,233 X6 Hasil uji F terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel bebas kepuasan kerja yang terdiri dari gaji (Xl), pekerjaan itu sendiri (X2), peluang promosi (X3), pengawasan (X4), kelompok kerja (X5) dan kondisi kerja (X6) terhadap variabel terikat keinginan keluar kerja (Y) karyawan pramuniaga. Besamya variasi variabel keinginan keluar kerja (Y) yang mampu dijelaskan oleh variabel bebas gaji (Xl), pekerjaan itu sendiri (X2), peluang promosi (X3), pengawasan (X4), kelompok kerja (X5) dan kondisi kerja (X6) adalah sebesar 87,9 % . Sedangkan sisanya sebesar 12,1 % di jelaskan oleh faktor-faktor di luar model. Hasil uji t, masing-masing variabel kepuasan kerja yaitu : gaji (Xl), pekerjaan itu sendiri (X2), peluang promosi (X3), pengawasan (X4), kelompok kerja (X5) dan kondisi kerja (X6) berpengaruh signifikan terhadap keinginan keluar kerja (Y). Variabel pengawasan (X4) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keinginan keluar kerja pramuniaga PT. Toko Gunung Agung Cabang PIasa Tunjungan II Surabaya. Dengan diketahui bahwa faktor gaji, pekerjaan itu sendiri, peluang promosi, pengawasan, kelompok kerja, dan kondisi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keinginan keluar kerja maka pihak manajemen PT. Toko Gunung Agung apabila ingin mengurangi keinginan keluar kerja karyawan dengan menitik beratkan kebijaksanaan manajemennya pada ke-enam faktor tersebut diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 87/01 Sha p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CAHYA RIZAL ABDUS SHALEH, 049515121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. WARSONO, Drs., Ec., ME.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 22:59
Last Modified: 21 Nov 2016 22:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item