HUBUNGAN CITRA TUBUH, AKTIVITAS FISIK, DAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI

ADELINA ELSA DAMAYANTI, 101211133067 (2016) HUBUNGAN CITRA TUBUH, AKTIVITAS FISIK, DAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
FKM. 344-16 Dam h.pdf

Download (595kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja putri termasuk kelompok yang rentan mengalami permasalahan gizi, Masalah gizi pada remaja putri dapat diakibatkan oleh diet yang ketat, kebiasaan makan yang buruk, gaya hidup (life style), penyakit infeksi, penilaian pada diri sendiri (citra tubuh), aktivitas fisik yang dilakukan, serta pengetahuan tentang gizi yang seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara citra tubuh, aktivitas fisik, dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi remaja putri. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi penelitian adalah siswi (remaja putri) kelas X, XI, dan XII di SMK Adhikawacana Surabaya yang berumur 15-17 tahun sebanyak 255 siswi. Sampel diambil sebanyak 72 siswi dengan menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan penilaian status gizi melalui pengukuran berat badan tinggi badan. Data yang dikumpulkan adalah karakteristik remaja putri, status gizi berdasarkan BMI for age, citra tubuh,, durasi tidur, kebiasaan berolahraga, dan pengetahuan responden mengenai gizi seimbang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berstatus gizi normal (77,78%), responden sebagian besar tidak puas terhadap terhadap bentuk dan ukuran tubuhnya (65,28%), sebagian besar responden memiliki waktu tidur panjang (62,50%), responden sebagian besar tidak rutin berolahraga (68,05%), dan sebagian besar responden memiliki pengetahuan gizi yang baik (52,82%). Uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara durasi tidur (p = 0.011) dan pengetahuan tentang gizi seimbang (p = 0.000) dengan status gizi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa durasi tidur dan pengetahuan gizi seimbang berhubungan dengan status gizi remaja putri. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan mengenai gizi seimbang atau edukasi gizi kepada responden terkait kebiasaan tidur remaja serta kebutuhan energi dan zat gizi yang baik untuk usia remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 344-16 Dam h
Uncontrolled Keywords: citra tubuh, aktivitas fisik, pengetahuan gizi seimbang, status
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADELINA ELSA DAMAYANTI, 101211133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTriska Susila Nindya, S.KM., M.PH. (Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:19
Last Modified: 21 Mar 2018 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46573
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item