PENGARUH KADAR KADMIUM DALAM DARAH TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PEKERJA BAGIAN PENGELASAN DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

CHARISMA HILDA DEWI, 101211132106 (2016) PENGARUH KADAR KADMIUM DALAM DARAH TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PEKERJA BAGIAN PENGELASAN DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 347-16 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kadmium merupakan logam berat yang bersifat karsinogenik yang berasal dari proses pengelasan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pekerja, kadar kadmium (Cd) dalam darah dan tekanan darah pada pekerja bagian pengelasan di PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Rancangan penelitian ini merupakan observasional analitik dengan cross sectional. Subyek penelitian berjumlah 24 orang yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok pekerja bagian pengelasan dan pekerja bukan bagian pengelasan. Penentuan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Analisis pengaruh menggunakan uji statistik regresi logistik. Kadar kadmium (Cd) di udara bengkel pengelasan melebihi Nilai Ambang Batas. Terdapat perbedaan kadar kadmium (Cd) dalam darah pada pekerja bagian pengelasan dan pekerja bukan bagian pengelasan (Uji independent t-test, p<0,05). Sedangkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pekerja bagian pengelasan dan pekerja bukan bagian pengealasan tidak terdapat perbedaan (Uji independent t-test, p<0,05). Kadar kadmium (Cd) dalam darah tidak berpengaruh terhadap tekanan darah (uji regresi logistik, p>0,05) Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh kadar kadmium dalam darah terhadap tekanan darah pada pekerja terpapar kadmium di bagian pengelasan. Biological monitoring kadar kadmium di dalam darah pekerja, penyediaan Alat Pelindung Diri yang sesuai dengan standar, monitoring kadar kadmium (Cd) di udara, peningkatan pengetahuan pekerja mengenai dampak kadmium (Cd), penerapan personal hygiene merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah paparan kadmium (Cd) yang berasal dari proses pengelasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 347-16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Kadmium, Tekanan Darah, Pengelasan, PT Dok dan Perkapalan Surabaya
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CHARISMA HILDA DEWI, 101211132106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSoedjajadi Keman, Prof. , dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:34
Last Modified: 27 Mar 2018 00:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item