HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN YANG DISESUAIKAN DENGAN STRUKTUR TUGAS TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BIDANG KEUANGAN RSU Dr.SOETOMO SURABAYA

FRISKA AGNESIA, 049912896/E (2005) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN YANG DISESUAIKAN DENGAN STRUKTUR TUGAS TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BIDANG KEUANGAN RSU Dr.SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 88-05. Agn h.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepemimpinan merupakan masalah sentral dalam berjalannya kegiatan organisasi, sehingga gaya kepemimpinan yang disesuaikan dengan kondisi karyawan merupakan salah satu faktor dalam mencapai keberhasilan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan situasional path-goal terhadap kepuasan kerja karyawan bidang keuangan RSU Dr.Soetomo. RSU Dr.Soetomo merupakan rumah sakit terbesar dan terlengkap serta merupakan rumah sakit rujukan (Top Reforal Hospital). RSU Dr.Soetomo sebagai rumah sakit terbesar sangat merasakan manfat dari peranan sumber daya manusia. Untuk dapat menghasilkan kerja yang optimal. perlu adanya pengawas atau pemimpin yang bertanggung jawab dalam memperhatikan kerja karyawan agar tercapai kepuasan kerja. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Rank Spearman. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan yang terdiri dari suportif dan direktif yang kemudian disesuaikan dengan struktur tugas sehingga menjadi 1 (satu) variabel bebas, serta variabel terikat yaitu kepuasan kerja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang disebut penelitian sensus. Jumlah seluruh populasi adalah 40 orang responden yang berada di bidang keuangan RSU Dr. Soetomo. Dari hasil penelitian mengenai gaya kepemimpinan terdiri dari Suportif dan Direktif yang disesuaikan dengan. Struktur Tugas mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tingkat signifikan 0,000 nHai tersebut Iebih kecil dati level ofsignificant a == 0,05, artinya kesesuaian gaya kepemimpinan dan stuktur tugas mempunyai hubungan dengan kepuasan kerja karyawan RSU Dr.Soetomo Surabaya. Untuk itu pimpinan selayaknya terus melakukan penyesuaian gaya kepemimpinannya dengan struktur tugas sehingga kepuasan kerja karyawan dapat terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 88/05 Agn h FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FRISKA AGNESIA, 049912896/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSEDIANINGSIH, Dra., Ak., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:52
Last Modified: 21 Nov 2016 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item