HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH PUSKESMAS PANDIAN (KABUPATEN SUMENEP)

LAILATUL LATIFAH, 101211133051 (2016) HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH PUSKESMAS PANDIAN (KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 348-16 Lat h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecemasan merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil primigravida karena belum memiliki pengalaman yang cukup untuk menghadapi proses persalinan. Kecemasan merupakan respon tubuh terhadap suatu hal yang sedang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan faktor internal dan faktor eksternal ibu hamil primigravida trimester III dengan kecemasan di Wilayah Kerja Puskesmas Pandian, Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan kuantitatif dan rancang bangun cross sectional. Sampel dalam penelitian yaitu ibu hamil primigravida trimester III sebanyak 60 responden. Variabel dependen penelitian yaitu kecemasan ibu hamil primigravida trimester III. Variabel independen penelitian yaitu faktor internal meliputi umur, pendidikan, dan tingkat sosial ekonomi dan faktor eksternal yang meliputi dukungan keluarga, dukungan tenaga kesehatan dan adat istiadat. Hasil penelitian didapat yaitu mayoritas responden berusia 21-35 tahun (55%), pendidikan terakhir SMA (41,7%), dan tingkat sosial ekonomi rendah (61,7%). Faktor internal yang berhubungan dengan kecemasan ibu hamil primigravida trimester III yaitu tingkat sosial ekonomi. Faktor eksternal yang berhubungan dengan kecemasan yaitu dukungan penilaian dan dukungan instrumental dari tenaga kesehatan. Kesimpulan penelitian yaitu tingkat sosial ekonomi, dukungan penilaian dan dukungan instrumental dari tenaga kesehatan memiliki hubungan dengan kecemasan ibu hamil primigravida trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Pandian, Kabupaten Sumenep. Saran untuk keluarga maupun tenaga kesehatan agar meningkatkan dukungan penilaian dan dukungan instrumental dari tenaga kesehatan agar ibu tidak terlalu cemas menghadapi proses persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 348-16 Lat h
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kecemasan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LAILATUL LATIFAH, 101211133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr. , Drs., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:58
Last Modified: 21 Mar 2018 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item