PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MlNUMAN YANG TERDAFTAR DI BEJ

RIMA DIANAWATI, 049715737 (2003) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MlNUMAN YANG TERDAFTAR DI BEJ. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 98-03 DIA P.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan adalah informasi yang diperlukan oleh investor untuk mengetahui keadaan keuangan perusahaan. Oleh karena itu informasi tersebut harus rdevan, artinya ia hams mampu membantu investor dalam mengambil keputusan, untuk itu diperlukan analisa laporan keuangan. Salah satu alat analisa yang dapat digunakan adalah rasio keuangan. Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang bam diterapkan (tahunl995). Arus kas historis berguna indikator jumlah, waktu dan kepastian arus kas masa depan. Selain itu arus kas historis juga dapat meneliti keeermatan dan taksiran arus masa depan yang telah dibuat sebelumnya, menentukan hubungan antara probabilitas dari arus kas bersih serta dampak perubahan barga. Penelitian tentang laporan ams kas baik di luar maupun di Indonesia telah dilakukan dengan menghubungkannya dengan berbagai fenomena ekonomi. Penelitian im bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio dan arus kas terhadap retum saham dibandingkan dengan rasio dan neraea dan rugi/laba terhadap retum saham dan pengaruh rasio daTi arus kas terhadap return saham dibandingkan dengan rasio dan seluruh laporan keuangan terhadap return saham. Laporan arus kas dikatakan mempunyai manfaat bagi investor atau mempunyai tambahan kandungan inforrnasi bila rasio dan arus kas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham dibandingkan dengan rasio dan laporan yang lain. Sampel daTi pene1itian ini adalah perusahaan makanan dan minuntan yang telah go publik di BEJ dan sahamnya masih aktif diperdagangkan pada tabun 1998 dan 1999. Dan kriteria tersebut diperoleh 13 perusahaan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laporan arus kas bermanfaat bagi investor karena mempunyai tambahan kandungan informasi. Hal ini terbukti daTi basil analisis yang menyatakan bahwa rasio dari neraea dan laba/rugi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap retum saham. Sedangkan rasio daTi laporan arus kas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap retum saham. Secara bersama-sama (rasio dan seluruh laporan keuangan) mempunyai pengaruh yang signifikan terbadap return saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334 Economic aspects. Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
RIMA DIANAWATI, 049715737UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 00:36
Last Modified: 15 Jun 2017 16:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item