PENGARUH PENGANGGARAN BOTTOM-UP APPROACH TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA DI SURABAYA

LIA INDI AGUSTIANA, 040016826 (2004) PENGARUH PENGANGGARAN BOTTOM-UP APPROACH TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 98-05 Agu p.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan perusahaan dapat dipengaruhi oleh kinerja manajerial orang dalam perusahaan. Perilaku dalam proses penganggaran pendekatan bottom-up dan struktur desentralisasi yang diterapkan pada Barlan Usaha Milik Negara merupakan beberapa faktor pendukung keefektitan kinerja m~jerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desentralisasi sebagai variabel moderator. Subyek dari penelitian ini adalah manajer menengah pada Badan Usaha Milik Negara di Surabaya. Kuesioner ini didistribusikan ke 30 Badan Usaha Milik Negara dengan responden manajer menengah secara langsung maupun melalui e-mail. Hanya 17 kuesioner yang dikembalikan oleh Barlan Usaha Milik Negara yang didistribusikan langsung oleh peneliti. sedangkan melalui e-mail tidak ada yang mengembalikan. Tehnik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adaJah dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana dan regresi Hnier berganda serta hasilnya dua hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima Tlijuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara penganggaran bOllom-up. desentralisasi sebagai varia bel moderator terhadap kinerja manajerial. Penganggaran bottom-up memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja manajerial. Intera1csi antara pe....ganggaran bOllom-up dengan desentralisasi sebagai variabel moderator juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja manajerial BUMN di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja manajerial perusahaan, penganggaran bottom-up, desentralisasi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
LIA INDI AGUSTIANA, 040016826UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 00:45
Last Modified: 22 Nov 2016 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item