EVALUASI PELAKSANAAN FUNGSI MANUFAKTURING PT. UNIBUTTONINDO PERDANA DI SIDOARJO MELALUI PENDEKATAN AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI

TRIBUANA TUNGGA DEWI, 049836221 (2000) EVALUASI PELAKSANAAN FUNGSI MANUFAKTURING PT. UNIBUTTONINDO PERDANA DI SIDOARJO MELALUI PENDEKATAN AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLNGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 02-01 Dew e.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendekatan audit manajemen digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan standar proses manufakturing serta kinerja manajemen, dengan mengidentifikasikan adanya kelemahan sehingga dapat diberikan suatu pemecahan masalah untuk membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Persaingan di antara industri saat ini menimbulkan dampak bagi perusahaan untuk berupaya meningkatkan kualitas manajemen mereka dalam mengelola aktivitas manufakturing secara efisien dan efektif. Pengertian manufakturing hanya dimaksudkan sebagai kegiatan yang menghasilkan barang baik barang jadi maupun barang setengah jadi, bahan industri, suku cadang dan komponen. Kriteria yang ditetapkan untuk mengevalusi pelaksanaan fungsi manufakturing PT Unibuttonindo Pefdana meliputi: standar kerja pada proses produksi; perencanaan dan pengendalian atas target produksi biaya, produk cacat, dan kapasitas; serta pengorganisasian pada personil produksi dan layout fasilitas. PT Unibuttonindo Perdana bergerak pada industri kancing khususnya manufakturing kancing polyester. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, yaitu: digunakan untuk menjawab "bagaimana", peneliti tidak boleh mempengaruhi subyek penelitian, dan difokuskan untuk peristiwa kontemporer. Berkenaan dengan hal tersebut wawancara dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan bukti serta penggunaan statislik deskriptif mengenai biaya produksi, prod uk cacat dan volume produksi untuk membantu evaJuasi efisiensi dan efektifitas. Disimpulkan: standar kerja telah dilaksanakan dengan baik dimana pengawasan pada proses pembuatan sheet perlu diperketat; layout yang kurang tepat pada mesin polyrotor dan mesin milling; dan belum dicapainya target produksi karena penentuan yang kurang akurat dan perlunya kerja sarna dengan bagian pemasaran. Sehingga pendekatan audit manajemen dapat digunakan untuk mengevaluasi adanya temuan-temuan dan permasalahan untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada fungsi manufakturing PT Unibuttonindo Perdana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 02/01 Dew e (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MANUFAKTURING, AUDIT MANAJEMEN
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
TRIBUANA TUNGGA DEWI, 049836221UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWIDI HIDAYAT, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:15
Last Modified: 15 Jun 2017 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item