IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR DALAM PELAKSANAAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ANAK ASUH (studi di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya)

NISHFIA NURIL IZZATI, 101211133008 (2016) IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR DALAM PELAKSANAAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ANAK ASUH (studi di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 354-16 Izz i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Personal Hygiene merupakan suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang. Di indonesia khusunya Surabaya masih banyak terjadi kasus-kasus penyakit yang disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan badan. Salah satu kelompok masyarakat yang sulit untuk menerapkan personal hygiene ialah anak jalanan serta anak terlantar. Kehidupan mereka yang hampir setiap waktu dihabiskan di jalanan dan kurangnya fasilitas-fasilitas pendukung yang layak, terpaksa membuat mereka hidup apa adanya. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh mereka. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis perilaku Personal Hygiene anak asuh UPTD Kampung Anak Negeri berdasarkan Theory of Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini menggunakan studi observasional. Desain yang digunakan adalah studi cross sectional kepada 31 anak asuh UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Responden diambil dari populasi berdasarkan metode total populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi, umur, jenis kelamin, sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan. Sedangkan variabel terikat adalah perilaku personal hygiene. Hasil penelitian ini, yaitu sebagian besar responden berumur 11-13 tahun, berjenis kelamin laki-laki. Responden memiliki sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang baik. Setelah dilakukan uji Chi-Square, didapatkan hasil berupa adanya hubungan yang signifikan antara kontrol perilaku dengan perilaku personal hygiene (p= 0.000) dan ada hubungan yang kuat antara niat dengan perilaku personal hygiene (p=0.000). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol perilaku yang dirasakan serta niat dengan perilaku personal hygiene pada anak asuh UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk lebih ditekankan bimbingan pengasuh terhadap anak asuh mengenai penerapan perilaku personal hygiene. Selain itu, juga diharapkan pengadaan media-media atau fasilitas yang dapat menunjang perilaku personal hygiene.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 354-16 Izz i
Uncontrolled Keywords: Theory of Planned Behavior, Personal Hygiene, anak asuh.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NISHFIA NURIL IZZATI, 101211133008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Zainal Fatah, Dr. , Drs., M.S., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:22
Last Modified: 22 Mar 2018 00:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item