ANALISIS VARIABEL-VARIABEL KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEKSI PENGUKURAN DAN KALIBRASI BALAI PENGAMAN FASILITAS KESEHATAN SURABAYA

HERRY WIBAWANTO, 049620943-E (2002) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEKSI PENGUKURAN DAN KALIBRASI BALAI PENGAMAN FASILITAS KESEHATAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK B 120-02 WIB A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai salah sam alternatif dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat diperlukan adanya pelayanan kesehatan yang bermutu, terjangkau dan dapat diterima oleh masyarakat, sehingga diperlukan adanya peningkatan dari segi kualitas dan pemerataannya. Rumah sakit sebagai salah satu penyedia sarana dan prasarana fasilitas kesehatan tersebut, terutama peralatan fasilitas kesehatan pada pesawat sinar-X unit radiologi rumah sakit di Surabaya sebagai pelanggan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Surabaya, cukup penting dalam memberikan andil bagi pertumbuhan derajat kesehatan masyarakat secara optimal dan menyeluruh. Karena itu, kondisi maupun fungsi peralatan kesehatan harus memenuhi persyaratan peralatan layak pakai dalam pemakaian, keluaran hasil yang terkendali dan mempunyai kemampuan yang handal baik ditinjau dari kualitas maupun kuantitasnya. Dengan dibentuknya Seksi Pengukuran dan Kalibrasi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan Surabaya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, maka diharapkan kesadaran akan pengetahuan yang minim tentang peralatan fasilitas kesehatan yang ada di masyarakat dapat diketahui lebih dini dan resiko keselamatan pekerja atau konsumen pemakai langsung dapat dicegah tingkat kesalahannnya sekecil mungkin. Jasa konsuitasi, informasi, perbaikan, pengawasan dan perijinan, yang diberikan oleh Badan Pengaman Fasilitas Kesehatan Surabaya dalam lingkup kesehatan, Sesuai dengan Undang-undang No. 23 tahun 1992, tentang kesehatan pasal 29, yang mengatakan, bahwa : "Pemerintah meilindungi masyarakat dari adanya alat kesehatan yang tidak memenuhi keamanan, mutu, manfaat" pendekatan kuantitatif, dengan merumuskan hipotesis yang selanjutnya dilakukan pengujian statistik. Variabel-vaTiabel penelitian adalah variabeI-variabel kualitas jasa berupa bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan dan parsial yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan seksi pengukuran dan kalibrasi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan Surabaya. Pengukuran digunakan skala likert (1-5). Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Fixed Sampling dengan teknik statistik Unsrestricted random sample pada simple random simple. Data diperoleh penulis dengan melakukan observasi lapangan, memberikan kuesioner kepada seluruh pelanggan seksi pengukuran dan kalibrasi pada Balai Pengarnan Fasilitas Kesehatan Surabaya, dengan cara wawancara dan data intern perusahaan. Data diolah dengan program SPSS untuk uji, untuk menguji hipotesis digunakan kolerasi dan regresi linier berganda serta uji F dan uji t pada taraf signifikasi (a) =0,05. Untuk menganalisis lebih mendalam terhadap posisi kesenjangan variabel digunakan diagram uji t dan uji F.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: kualitas, jasa, satisfaction, quality
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
HERRY WIBAWANTO, 049620943-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. Lilik Rudianto, S.E.MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:43
Last Modified: 22 Nov 2016 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item