ANALISIS RASIO ATAS INFORMASI AKUNTANSI LAPORAN KEUANGAN YANG DISESUAlKAN DENGAN TINGKAT PERUBAHAN HARGA (STUDI KASUS PADA PT BARATA INDONESIA, DI SURABAYA)

WILLY JUNAIDI, 049414603 (2001) ANALISIS RASIO ATAS INFORMASI AKUNTANSI LAPORAN KEUANGAN YANG DISESUAlKAN DENGAN TINGKAT PERUBAHAN HARGA (STUDI KASUS PADA PT BARATA INDONESIA, DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 100-01 Jun a.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kenaikan tingkat harga telah mempengaruhi kestabilan satuan moneter, ini dikarenakan unit moneter yang dipergunakan sebagai alat ukur telah dipengaruhi oleh perubahan tingkat harga tersebut, sehingga akan berpengaruh terhadap angka-angka unit moneter yang disajikan dalam laporan keuangan. Sebagai konsekuensinya laporan keuangan yang menggunakan data harga perolehan tidak lagi dapat menjamin kebutuhan informasi para pemakai, sehingga informasi yang sebenarnya diandalkan oleh para pengambil keputusan yaitu laporan keuangan berbasis harga perolehan tidak lagi relevan. Di Indonesia sebagai negara berkembang tidak terlepas daD 'penyakit' ekonomi yang satu ini yaitu kenaikan tingkat harga (inflasi). Dengan mengacu pada kenaikan tingkat harga yang relatif masih tinggi di Indonesia, maka perIu ada suatu metode akuntansi tambaban yang dapat menyajikan dan mengungkapkan informasi dalam laporan keuangan perusahaan sebagai informasi tambahan sehubungan dengan kenaikan tingkat harga tersebut. Dengan mengacu pada latar belakang permasalaban yang, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah (l) Bagaimanakah perusahaan menyesuaikan laporan keuangannya dengan perubahan tingkat harga wnwn dan perubahan tingkat harga khusus, yang digunakan sebagai informasi tambahan, dan (2) Bagaimanakah dampak laporan keuangan yang telah disesuaikan dengan perubahan tingkat harga terhadap rasio keuangan perusahaan, dengan pertimbangan bahwa rasio keuangan perusahaan mempunyai fungsi sebagai informasi untuk pengambilan keputusan para pemakai. Teknik analisis yang akan dipergunakan diarahkan pada perbandingan antara rasio laporan keuangan dengan berbasis akuntansi harga perolehan dibandingkan dengan rasio laporan keuangan yang telah disesuaikan dengan menggunakan perubahan tingakt harga wnum dan perubahan tingkat harga khusus. Kesimpulan dari berbagai perubahan rasio keuangan setelah adanya penyesuaian perubahan harga dan manfaat yang didapat adalah sebagai berikut : a. Untuk liquidity ratio, hasil dari sebelum penyesuaian dan sesudah penyesuaian relatif kecil, hampir dapat dikatakan tidak ada pe~sehingga informasi tambahan yang diperoleh setelah adanya penyesuaian, oleh para pengambil keputusan jangka pendek dianggap tidak terlalu bermanfaat. b. Untuk leverage ratio, hasil dari sebelum penyesuaian dan sesudah penyesuaian terdapat peru bahan, ada yang relatif kecil ataupun sedang. Informasi tambahan ini bermanfaat untuk kepentingan investasi bagi pihak mliI1ajemen atau pihak lain yang berkepentingan dalam rangka pengambilan keputusan investasi. c. Untuk profitability ratio, hasil dari sebelum dan sesudah. penyesuaian tidak memberikan informasi tambahan yang berarti bagi manajemen untuk lebih meningkatkan efisiensi dalam menggunakan sumberdaya yang ada. Hal ini disebabkan karena data-data pendukung yang disediakan oleh perusahaan kurang terperinci dan tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2337.2-2340.8 Student financial aid
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
WILLY JUNAIDI, 049414603UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:41
Last Modified: 15 Jun 2017 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item