EVALUASI ATAS EFEKTIVITAS PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENlLAI KlNERJA BIRO KEPEGAWAIAN PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO)

DYAH PRAVITASARI, 049815974 (2004) EVALUASI ATAS EFEKTIVITAS PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENlLAI KlNERJA BIRO KEPEGAWAIAN PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 100-05 Pra e.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan tekonologi yang cukup pesat mendorong lahimya industri-industri baru yang menyebabkan persaingan di kalangan industri semakin kompetitif Untuk dapat terus bertahan dan berkembang, perusahaan dituntut untuk memperbaiki kineIja dan kualitas perusahaan itu sendiri. Salah satu faktor yang mendukung kegiatan operasional perusahaan adalah sumber daya manusia, karena sumber daya manusia berkaitan langsung dengan masalah pencapaian tujuan dan strategi perusahaan. Oleh karena itu manajemen sumber daya manusia diharapkan mampu membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi organisasi yang bersangkutan. Untuk itu diperlukan suatu instrumen yang mampu membantu menilai efektivitas dan efisiensi fungsi SDM, yaitu audit manajemen. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi penerapan audit manajemen fungsi sumber daya manusia pada biro kepegawaian PT. Industri Soda Indonesia (Persero). Penelitian ini dilakukan penulis untuk memperoleh gambaran dan pemahaman yang mendalam tentang penerapan audit manajemen fungsi SDM serta diharapkan mampu memberikan kontribusi masukan kepada pihak manajemen berupa saran dan tindakan perbaikan. ' Dalam penelitian ini, dilakukan pembahasan mengenai hal yang berkaitan dengan penerapan audit manajemen fungsi SDM pada PT. lSI (Persero) yang menyangkut seluruh prosedur dan realisasi pelaksanaannya di lapangan. Selain itu, dikemukakan juga standar yang digunakan, independensi pelaksanaan audit, temuan hasil audit, perbandingan hasil dengan standar audit serta rekomendasi yang diberikan oleh tim auditor bekaitan dengan temuan hasil audit yang diperolehnya. Selanjutnya pihak auditor memantau tindak lanjut yang dilakukan auditee atas rekomendasi perbaikan yang telah diberikan. Penilaian atas efektivitas pelaksanaan atas audit manajemen didasarkan pada kemampuan auditor dalam menjalankan secara konsisten segala ketentuan yang telah ditetapkan baik dalam hal pelaksanaan seluruh prosedur, laporan yang dihasilkan serta ditinjau dari aspek komprehensif, sistematif, independensi dan pelaksanaan audi t secara berkala. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, audit manajemen fungsi sumber daya manusia pada PT. lSI Persero telah dilaksanakan dengan cukup efektif, namun masih terdapat hal-hal yang memerlukan perbaikan agar audit manajemen yang dilaksanakan benar-benar efektif dan semakin bermanfaat bagi peningkatan kineIja Biro Kepegawaian PT. lSI (Persero)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DYAH PRAVITASARI, 049815974UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:56
Last Modified: 22 Nov 2016 16:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item