EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN AUDIT INTERN ATAS KREDIT BBRDASARKAN SPFAIB PADA KANTOR INSPEKSI PT. BANK "X" (PERSERO) WlLAYAH DENPASAR

ANGELIKA TRIROSANTI, 049711476 E (2002) EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN AUDIT INTERN ATAS KREDIT BBRDASARKAN SPFAIB PADA KANTOR INSPEKSI PT. BANK "X" (PERSERO) WlLAYAH DENPASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 45-02 TRI E.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bank sebagai lembaga kepercayaan mas-jarakat memegang kedudukan yang strategis datam IT'.enunjang keglatan pembangunan ekonomi. Kompleksitas fungsi bank dewasa ini, mendorong dibutuhkannya suatu bentuk pengawasan terhadap kegiatan intern perbankan. Dalam dun!a perbankan, kegiatan pengawasan dilaksanakan Olen suatu departemen yang tercakup dalam internal audit bank. Internal audit roerupakan kegiatan independen auditor intern bank dalam menUai system pengendalian manajemen dan pe[ak.<:anaannya kepada pihak manajemen bank, serta memberikan rekomendasi untuk menunjang peroaikan keseluruhan secara lebih efektif. Kredit sebagai sumber kekuatan perbankan mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan tingkat likuiditas dan kredibUitas suatu bank. Ketidakstabilan perekonomian yang terjadi saat ini membawa arus pertumbuhan kredit berada dalam posisi yang kurang menguntungkan, sehingga kredit bermasalah dan kredit macet semakin meningkat dan pad a akhimya menyebabkan keterpurUKan ekonomi yang semakin dalam. Pelaksanaan audit intern perbankan sedikitnya IIams memuat ketentuan 5tandar Pelaksanaan fungsi Audit tntern Bank (SPFAtB). Daiam rangka mewujudkan petaksanaan audit intern yang efektif1 maka ketentuan ini menjadi suatu parameter bagi penHaian efektivltas pelaksanaan audit suatu bank. Kantor tnspeksi PT. Bank" X " (persero) Wilayah Denpasar sebagai pusat pengawasan, menerapkan SPFAIB sebagai acuan pelay,.sanaan audit intern khususnya perkreditan. Untuk mengetahui tingkat kepatuhan pelaksanaan internal audit perkreditan terhadap kebijakan dan prosedur yang tetah ditetapkan tersebut, maka dUakukan suatu evaluasi guna menUai tingkat efektivitas yang telah d\capainya. Dalan; h;:.J. ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, secara umum peiaksanaan audit intern perkreditan Kantor !nspek.si PT. Bank " X « (Persero) Wilayah Denpasar telah berjalan secara efektif. Hal ini terlihat dan terpenuhinya unsur-unsur efekdvitas berdasar.o<an SPFAIB, antara lain metiputi keprofesionalan auditor, kedudukan yang jelas dalam organisasi, struktur organlsasi yang handal, wewenang dan tanggung jawab yang jelas, perencanaan yang matang, program pengembangan dan pendidikan, program pengendalian mutu dan kejelasan kebjjakan dan prosedur audit. Hasil evalu.'lsi terhadap program audit tersebut menunjuy,.kan bahwa 5PFAIB benar-Dena. diterapkan sebagai dasar pelaksanaan audit. Pengembangan-pengembangari terhadap ketentuan SPFAIB, didasarkan pada struktur, karakteristik, metoooiogi operasiollal dan tingkat ken.Jmitan masing-masing bank. Pengembangan inl diperbolehkan karena telah dikemukakan dalam ketentuan SPFAIB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A. 45-02 Tri e (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: AUDIT INTERN; KREDIT
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ANGELIKA TRIROSANTI, 049711476 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorParwoto Wignjohartojo, Dr., SE.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:11
Last Modified: 15 Jun 2017 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46652
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item